Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pergi ke Rumah Sakit?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pergi ke Rumah Sakit?

Pertanyaan ini adalah pernyataan yang paling sering ditanyakan ibu hamil yang akan melahirkan di rumah sakit. Banyak ibu hamil yang terlalu semangat sehingga saat kontraksi mereka terasa sudah cukup sering mereka langsung pergi ke rumah sakit dan akhirnya disuruh pulang oleh pihak rumah sakit. arena ternyata proses persalinan belum terjadi, atau ternyata pembukaan serviks Anda msaih sangat kecil dan mesih memungkinkan nutuk pulang ke rumah dulu.


Pertanyaan ini adalah pernyataan yang paling sering ditanyakan ibu hamil yang akan melahir Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pergi ke Rumah Sakit?


Lalu kapan Anda harus datang ke Rumah Sakit?


Jika Anda bertanya kepada provider Anda kapan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit, jawabanya adalah saat kontraksi anda berpola 5-1-1 atau jika ketuban Anda sudah pecah. Apa itu 5-1-1?


5KETIKA KONTRAKSI ANDA BERJARAK 5 MENIT


1 BERDURASI 1 MENIT


1 DAN BERADA DALAM POLA YANG SAMA SELAMA 1 JAM


Kenapa harus 5-1-1? karena sebenarnya 5-1-1 adalah pola yang di gunakan dimana Anda telah melewati fase awal dan memasuki fase aktif. dan sebenarnya Anda mesih punya maktu nutuk bersiap siap. jadibukan berarti begitu 5-1-1 harus serta merta langsung lari ke RS lho!


Karena terkadanga  besar kemungkinan pola kontrakt Anda melambat atau bahkan berhentinya kontraksi jika Anda langsung pergi ke rumah sakit pada pola 5-1-1.


Mengapa begitu? Saat di rumah, Anda berada di tempat yang nyaman dan familiar sehingga tubuh Anda merasa lebih nyaman dan aman sehingga kemajuannya/perkembangannya akan lebih cepat.


Namun beda hal nya Ketika Anda berada di tempat asing, bahkan walaupun Anda mencoba untuk merilekskan tubuh Anda, tubuh Anda tetap akan menegang dan menghambat proses persalinan Anda karena itu tempat asing.


Tinggallah di rumah lebih lama untuk menghindari terjadinya hal ini.Inilah mengapa biasanya saya merekomendasikan untuk pergi ke rumah sakit jika sudah berada pada pola 4-1-1 atau 3-1-1.


Jika air ketuban Anda sudah pecah sebelum kontraksinya dimulai, ingatlah akronim ini, COAT.


C – COLOR: APA WARNA AIR KETUBANMU?


Jika ketubanmu berwarna bening, pink, atau pink kemerahan yangmana merupakan hal normal, Anda memiliki waktu hingga 8 jam untuk pergi ke rumah sakit (menurut standar rumah sakit). Namun jika ketubanmu berwarna hijau, coklat, atau hitam berarti bayi Anda sedang stress dan Anda harus pergi ke rumah sakit secepatnya untuk memastikan kondisi bayi Anda.


Jika Anda positif terkena GBS, Anda harus ke rumah sakit lebih awal karena Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 ronde untuk pengobatan (penicillin) sebelum bayi Anda lahir.


O – ODOR: BAGAIMANA BAU AIR KETUBANMU?


Air ketuban Anda harusnya tidak berbau atau memiliki bau vagina seperti biasanya. Tapi jika air ketuban Anda berbau busuk atau aneh, itu mungkin berarti Anda terkena infeksi dan Anda haru pergi ke rumah sakit secepatnya.


A – AMOUNT: BERAPA BANYAK AIR KETUBAN YANG KELUAR?


Alasan suster menanyakan ini adalah karena  ada yang peach ketubannya “mak Pyok” tau seta merta, ada juga yang tanya rembes dan bakhan Anda tidak menyadarinya. artista Banyak ibu hamil yang tidak tahu bahwa jika air ketuban Anda pecah, air itu tidak akan berhenti keluar sampai bayi Anda lahir.


T – TIME: KAPAN KETUBAN ANDA PECAH?


Kebanyakan dokter menginginkan bayi untuk lahir dalam 24 jam setelah air ketuban Anda pecah. Alasannya adalah resiko Anda untuk terjadi infeksi (chorioamnionitis) lebih besar setelah 24 jam setelah air ketuban Anda pecah.


Ada 2 hal yang perlu diperhatikan ketika air ketuban Anda pecah:



  1. Pastikan Anda tidak mengompol

  2. Patikan jika bayi Anda tetap bergerak


Untuk memasikan jika yang keluar adalah air ketuban dan bukan urin, lakukan hal ini:



  1. Pergi ke kamar mandi dan coba untuk mengosongkan kandung kemih Anda

  2. Lalu pergi ke ruangan Anda dan berbaring untuk beberapa menit

  3. Akhirnya, bangunlah dan lihat apakah ada cairan yang keluar saat Anda duduk

  4. cek menggunakan Kertas lakmus. apabila warna Kertas berubah menjadi ungu, maka artinya itu ketuban


Jika ada, itu adalah air ketuban dan jika tidak ada yang keluar, mungkin itu hanyalah urin.


Yang terakhir, jika bayi Anda tidak bergerak setelah beberapa saat, minumlah jus jeruk (atau minuman manis) dan berbaring miringlah untuk memastikan apakah bayi Anda terbangun dan bergerak. Jika bayi Anda tetap tidak bergerak setelah beberapa menit, pergilah ke rumah sakit secepatnya.


Semoga Bermanfaat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar