15 Hal Yang Mungkin Anda Tidak Tahu, Yang Terjadi Saat Proses Persalinan

15 Hal Yang Mungkin Anda Tidak Tahu, Yang Terjadi Saat Proses Persalinan

Bagi Anda yang pertama kali hamil dan Melahirkan, sebagian besar belum pernah masuk ke rumah sakit/ ruang bersalin. dan seringkali Anda jadi terkaget kaget setelah masuk di sana.


Berikut ini beberapa hal yang muntkin tidak Anda ketahui, tidak terlintas di bayangan Anda dan tidak terduga:


Bagi Anda yang pertama kali hamil dan Melahirkan 15 Hal  Yang Mungkin Anda Tidak Tahu, Yang Terjadi Saat Proses Persalinan



  • Perubahan emosi


Pada saat proses persalinan, emosi Anda dan mengalami perubahan, bahkan sesuai dengan fase fase dalam proses persalinan tersebut. dan Mungkin pada saat proses persalinan Anda akan melakukan hal yang tidak pernah Anda kira akan Anda akan melakukannya. Anda mungkin juga akan mengalami “mood swings” saat proses persalinan. beberapa contoh yang bisa saya gambarkan adalah:


Saat fase laten, Haití Pembukaan kuren dari 4 cm, ketika Anda sudah di rawat diRS biasanya Anda masih sangat semangat dan mash bisa tersenyum serta di ajak ngobrol.


Namun begitu memasuki fase aktif apalagi transisi yatu pembukaan lebih dari 8 cm, biasanya untuk bicara saja Anda menjadi sangat malas. dan di fase ini, mood Anda sangat mudah sekali terpengaruh


 Bagi Anda yang pertama kali hamil dan Melahirkan 15 Hal  Yang Mungkin Anda Tidak Tahu, Yang Terjadi Saat Proses Persalinan



  • Bertemu banyak petugas yang berbeda


Terutama Anda yang melahirkan di RS, biasanya Anda akan melihat bayak wajah wajah asing yang menanyai Anda barbagai pertanyaan dan membuat Anda menandatangani berbagai dokumen dokumen yang berkaitan dengan rumah sakit. Dokter Obgyn Andak bukanlah satu satunya dokter atau tenaga medis yang akan Anda lihat saat proses persalinan Anda.


Multi dari UGD (Unit Gawat Darurat), Anda akan bertemu dengan perawat/bidan yang akan menganamnesa (mewawancarai ) Anda, Setelah perawat atau bidan tersebut lapor ke dokter jaga, dokter jaga (biasanya dokter umum) akan menanyai Anda kembali.


Setelah Anda di bawa ke ruang bersalin, dan status rekam medis Anda di bawa oleh Perawat / bidan jaga, maka Anda akan di tanyain kembali, dan juga di periksa oleh dokter Obsgyn yang Anda pilih ata yang jaga.


Proses persalinan Anda mungkin membutuhkan waktu yang agar lama sehingga melewati jadwal shift bidan jaga, secara otomatis bidan jaga akan berganti orang lagi dan akan menanyai Anda lagi. seolah selalu saja ada orang baru yang Anda temí dan bertanya kepada Anda



  • Catheter


Jika Anda berencana akan melakukan epidural atau C-section, Anda harus tahu bahwa Anda akan dipasangi catheter. Alat ini akan menjadi “sahabat” Anda saat persalinan berlangsung karena Anda tidak akan merasakan apapun saat Anda harus buang air kecil karena epidural dan obat bius.Hanya saja mungkin Anda akan merasa tidak nyaman saat mereka memasangnya dan melepasnya.



  • Poop


Anda mungkin akan poop saat proses persalinan dan jika Anda melakukan epidural, Anda tidak akan tahu jika Anda pop. Satu satunya cara Anda bisa mengetahui jika Anda poop saat epidural adalah jika dokter atau suami Anda memberitahu Anda jika Anda poop.


Jika Anda mengkhawatirkan tentang masalah poop saat Melahirkan ini, Anda bisa baca di link berikut



  • Muntah


Di beberapa kasus, ibu hamil mungkin muntah ketika mengejan karena mereka cemas atau lapar dan itu adalah hal normal yang biasa terjadi saat Anda melahirkan. bahkan muntah saat pembukaan dan ini sangatlah wajar.



  • Tidak Boleh Makan


Ketika Anda sedang di rung persalinan, Anda tidak diperbolehkan untuk makan. Hal ini mungkin akan membantu Anda agar tidak poop saat proses persalinan. namun sebenarnya ini adalah prosedur yang sangat merugikan bagi Anda, Karena pada saat proses persalinan Anda sangat membutuhkan energi yang banyak saat proses persalinan.



  • Tidak ada “baby bonding time” Secara Langsung


Ketika bayi Anda lahir, Anda akan mempunyai kesempatan untuk melihatnya sekilas lalu suster akan mengukur bayi Anda. Jadi Anda akan memiliki waktu yang sedikit, sekitar 3 sampai 4 jam untuk dapat melakukan “baby bonding time” setelah Anda melahirkan karena suster akan mengambil bayi Anda untuk melakukan berbagai pemeriksaan. Setelah itu, Anda baru dapat melakukan “baby bonding” sepanjang hari atau bahkan semalaman.



  • Bukan bayi sana yang Anda lahirkan


Setelah bayi Anda lahir, bukan berarti “pekerjaan” Anda selesai. karena Anda juga harus melahirkan plasentanya. Jadi bersiaplah.



  • Rasa Kebas Setelah Epidural


Saat Anda mendapat epidural, Anda akan merasa kebas dari pinggang kebawah dan anda bahkan tidak dapat merasakannya jika jari jari kakimu bergerak.



  • Dokter Merobek Selaput Air Ketubanmu


Dokter mungkin akan merobek selaput air ketuban Anda untuk memperkuat kontraksi Anda dan membuat proses persalinan Anda lebih cepat.



  • Hanya 1 Orang di Ruang Persalinan


Biasanya dokter Anda hanya akan mengijinkan 1 orang seruangan dengan Anda ketika Anda sudah siap untuk mengejan. Keluarga Anda dapat menunggu di ruang tunggu dan Anda dapat berkonsentrasi dalam persalinan Anda dan mempercayai suami atau siapapun yang Anda inginkan untuk mendampingi Anda dan membuat Anda lebih tenang.



  • Jarum


Ketika Anda sedang dalam proses persalinan, Anda akan ditusuk lebih dari satu kali dan hal itu tentunya bukan sesuatu yang menyenangkan. Jadi bersiaplah.



  • Robekan


Robekan vagina atau perineal tear adalah robekan yang tidak disengaja yang terjadi di kulit atau jaringan lembut di perineum. Hal ini dapat terjadi pada beberapa wanita saat persalinan normal.


Jika ini terjadi, Anda akan dijahit (banyak sekli ibu yang trauma karena proses penjahitan ini) dan beberapa hari kemudian, benangnya akan jatuh dan terlepas sendirinya, tidak perlu ke dokter untuk melepasnya. Pastikan Anda tidak mengangkat barang barang berat atau membungkuk terlalu dalam karena agar Anda dapat sembuh secepat mungkin.



  • Mungkin Tidak Melihat Dokter Sampai “Show Time


Di kebanyakan kasus, mungkin Anda tidak akan melihat dokter Anda sampai Anda mulai mengejan (kecuali jika Anda melakukan c-section). Artinya Dokter Anda akan datang menemui Anda ketika pembukaan Anda sudan menjelang pembukaan lengkap. malas belum ya Anda hanya akan bertemu dengan bidan jaga



  • Tensi


Anda akan di tensi beberapa kali saat proses persalinan, sebelum proses persalinan dan setelah proses persalinan. Jadi tensi mungkin akan menjadi sahabat Anda saat proses persalinan.


Catatan: Tidak semua ibu hamil akan mengalami hal yang sama atau akan mengalami semua hal yang tercantum di atas dalam waktu yang sama. 


Semoga bermanfaat ya


Salam hangat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar