Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar

Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar

Apabila Anda bersalin secara caesar, baik direncanakan maupun tidak, saat saat postpartum mungkin akan menjadi lebih menantang: Karena bagaimanapun juga, Anda tidak hanya harus merawat bayi Anda yang baru lahir, tapi juga luka bekas operasi di perut Anda. Pemulihan luka operasi caesar berbeda beda setiap ibu, namun berikut ini adalah gambaran yang akan Anda hadapi saat Anda dalam masa pemulihan.


Waktu Pemulihan Operasi Caesar


Dengan hadirnya bayi Anda yang baru lahir, Anda mungkin ingin pulih secepatnya. Namun, pemulihan setelah operasi caesar cukup memakan waktu. Secara umum, pemulihan total dari operasi caesar memakan waktu kurang lebih 6 minggu.


Biasanya Anda akan merasakan sensasi terbakar di area jahitan saat Anda berada di rumah sakit (biasanya para ibu akan dirawat di rumah sakit untuk 2 sampai 4 hari setelah operasi caesar).


Namun, saat Anda sudah dirumah sekalipun, masa pemulihan dapat menjadi rumit dan melelahkan secara fisik maupun mental: Disamping self-care, Anda perlu merawat bayi Anda yang baru lahir juga.


“Hormati dan hargai proses pemulihan diri Anda sendiri dan pastikan untuk mendapat pertolongan ketika Anda membutuhkan.”


 


Kegiatan Saat Masa Pemulihan Operasi Caesar


Berikut ini adalah hal hal yang akan dapat Anda lakukan pada masa pemulihan operasi caesar, dan ketika:


 saat saat postpartum mungkin akan menjadi lebih menantang Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar


Menyusui


Anda bisa menyusui tepat siégera setelah Anda melahirkan atau saat Anda sudah merasa nyaman. Obat penghilang rasa sakit yang Anda terima selama operasi tidak akan mengganggu proses menyusui, tetapi menggendong bayi Anda akan menjadi lebih menantang setelah operasi caesar.


Ketika Anda siap untuk menyusui bayi Anda, minta pendampingan dari perawat atau pasangan Anda. siapkan dan susun bantal yang dapat menyangga punggung Anda supaya dapat membuat proses menyusui menjadi lebih mudah dan nyaman.


Karena jika Anda menengangkan area perut, ini akan terasa menyakitkan, silahkan bereksperimen dengan berbagai posisi yang tidak akan menaruh banyak tekanan di luka operasi.


Berjalan


Anda tidak akan bisa berjalan mengelilingi ruangan sambil menimang nimang bayi Anda tepat setelah Anda melahirkan. Namun, Anda akan dapat beranjak dari tempat tidur dan berjalan jalan sehari setelahnya.


Untuk beberapa ibu yang harus mengalami proses persalinan yang panjang sebelum operasi akan memerlukan waktu ekstra untuk mengembalikan tenaganya setelah operasi. Pada operasi cesar yang tidak rumit, beberapa pasien sudah dapat berjalan 12 sampai 15 jam setelah operasi.


Mungkin pada awalnya akan menyakitkan. Namun berjalan merupakan hal yang penting untuk proses pemulihanluka operasi Anda: berjalan dapat membantu tubuh Anda untuk berfungsi seperti semula dan menghindarkan Anda dari berbagai komplikasi setelah operasi, seperti penyumbatan darah di kaki.


Pergi ke Kamar Mandi


Saat Anda di kamar mandi, jangan kaget jika Anda melihat beberapa pendarahan pasca persalinan. Anda juga mungkin akan mengalami sembelit dan kembung. “Ketika organ pencernaan mulai bekerja dengan normal, ibu mungkin mengalami kembung yang lumayan parah dan itu adalah salah satu hal yang paling menyakitkan.


Rasa sakitnya dapat menyebar sampai pundak karena perut kembung dapat mengiritasi diafragma. Mengkonsumsi obat pencahar, meminum banyak cairan dan mengkonsumsi makanan kaya serat dapat membantu Anda saat hal ini terjadi.


Makan


Sehari setelah operasi, Anda akan diijinkan untuk mengkonsumsi makanan padat. Namun, akan lebih baik jika Anda memulai dengan makanan yang tidak berminyak dan cenderung tawar dalam beberapa hari setelah operasi.


Berolahraga


Biasanya, provider Anda akan menyarankan untuk tidak membawa apapun yang lebih berat dari bayi Anda, atau sekitar 4,5 kg. Untuk berolahraga, provider kesehatan Anda biasanya akan menganjurkannya  setelah 6 minggu.


Tapi hal ini bukan berarti Anda harus tetap tidak beraktivitas sampai 6 minggu setelah operasi. yoga ringan atau Bejalan jalan ringan (sesuai kenyamanan Anda) merupakan kunci untuk kembali pada kondisi semula.


Amati tubuhmu dan konsultasi ke provider kesehatan Anda jika tubuh Anda merasa sangat tidak nyaman.


Berhubungan Sexual


Anda dapat berhubungan sexual lagi setelah 6 minggu pasca persalinan. Ingat untuk mendengarkan tubuh Anda, pelan pelan dan coba posisi yang tidak menekan luka operasi Anda.


Mandi


Bagaimana luka operasi Anda akan menentukan kapan Anda dapat mandi. Jika luka Anda tidak dijahit, Anda tidak diperbolehkan untuk mandi sampai 1 minggu dan saat mandi, pastikan untuk hanya menepuk nepuk ringan dan jangan gosok bagian luka operasi Anda.


Namun, jika luka Anda dijahit, Anda dapat membasahi diri Anda di kamar mandi Anda tepat setelah Anda operasi.


 saat saat postpartum mungkin akan menjadi lebih menantang Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar


Pendarahan Setelah operasi caesar


Pendarahan di vagina setelah operasi caesar sangatlah normal. Selama Anda tidak melihat pendarahan secara berlebih, maka pendarahan itu merupakan tanda pemulihan rahim Anda yang sedang terjadi.


Setelah rahim Anda kembali ke ukuran seperti semula, pembuluh darah akan menutup dan darah yang mengalir akan semakin sedikit dan tidak begitu merah seiring berjalannya waktu.


Jika Anda tidak berdarah, atau jika Anda berdarah setiap beberapa jam selama beberapa minggu setelah melahirkan, beri tahu provider Anda.


sedangkan luka operasi biasanya akan memakan waktu sekitar 4-6 minggu untuk  sembuh total. Hubungi provider Anda jika Anda mengalami demam atau kulit di sekitar luka operasi berubah menjadi merah atau keras, mengeluarkan cairan nanah atau cairan hijau atau menjadi sakit, karena hal itu bisa menjadi tanda tanda infeksi.


Pembengkakan Setelah operasi caesar


Anda mungkin akan mengalami pembengkakan di beberapa area dan hal ini sangatlah normal dan biasanya akan menghilang setelah seminggu atau setelahnya.


Seiring dengan pemulihan tubuh Anda, amati tubuh Anda dan pastikan untuk mengetahui jika ada yang terasa aneh, sakit, atau tidak normal. Konsultasikan pada provider Anda jika Anda merasa ada yang bermasalah dengan tubuh Anda.


Rasa Sakit Setelah operasi caesar


Hal yang terpenting dalam pemulihan operasi caesar adalah mengelola rasa sakit. Para ahli menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat . Obat obatan ini akan membantu Anda untuk menghadapi sakit pada luka operasi, sakit pencernaan, dan kram.


Namun, jika Anda mengkonsumsi obat obatan Anda dan merasa lebih baik, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Pastikan bahwa provider Anda mengetahui perkembangan keadaan Anda.


 saat saat postpartum mungkin akan menjadi lebih menantang Tantangan Yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar


Tips untuk memptrcepat Pemulihan operasi caesar



  • Persiapkan diri sebelum operasi. Jika Anda berencana untuk melakukan operasi caesar, persiapkan rumah Anda  sebelum sebelumnya. Kasur yang tinggi dan tangga bisa sangat menantang dan membuat tidak nyaman. Tentukan dimana Anda akan tidur dan simpan keperluan Anda di tempat yang mudah Anda jangkau sehingga ini akan memudahkan Anda pada masa pemulihan Anda.

  • Santai dan nikmati. Istirahat yang cukup dan bejalan jalan santai dapat membantu proses pemulihan Anda.

  • Pertimbangkan bengkung atau stagen. Bengkung atau stagen berfungsi untuk membantu menyangga otot otot perut Anda. Beberapa ibu merasa lebih nyaman saat memakainya namun yang lain mungkin merasa gatal, membatasi pergerakan mereka, atau tidak efektif. Rumah sakit Anda mungkin menawarkan pilihan ini , jadi tanyakan provider Anda tentang hal ini.

  • Tidur yang cukup. Anda harus dapat merawat dirimu sendiri, istirahat yang cukup.

  • Terima bantuan. Jangan takut untuk minta tolong jika Anda benar benar membutuhkannya saat proses pemulihan Anda.

  • Minum banyak cairan. Cairan dapat membantu meminimalizir sembelit sehingga dapat sangat membantu.

  • Ungkapkan tentang perasaan Anda. Anda akan mengalami perubahan hormonal yang luar brasa seperti roller coaster. dan mood Anda pun bisa jadi demikian. Jika Anda merasa sedih, tidak mempunyai harapan, merasa bersalah, atau marah, bicarakan pada provider Anda atau orang yang dapat membantu Anda untuk mengatasinya.


semoga segera sembuh


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar