Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga

Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


A woman’s vibration can create the whole universe”


Yogi Bhajan, Master of Kundalini Yoga


 


Untuk mencapai proses persalinan yang lembut, dan alami selain melakukan latihan atau praktek seperti mindfullnes, womb breating (pranayama), healing trauma dan relaksasi, melakukan Mind And body balance adalah sesuatu yang tidak kalah penting. Banyak sekali perubahan yang terjadi selama proses kehamilan dan persalinan.  Dan seringkali seorang ibu mengabaikan hal ini sehingga ketika tubuh melakukan perubahan maka yang terjadi adalah muncul keluhan keluhan yang mungkin sebenarnya bisa di cegah jika tubuh Anda seimbang dan mengerti serta siap akan perubahan perubahan tersebut.


 


Jaman dahulu, jaman nenek moyang kita, mungkin senam hamil atau yoga tidak pernah mereka lakukan selama hamil, dan proses persalinan mereka juga lancar lancar saja. Dan selama kehamilan tidak banyak keluhan yang mereka alami. Namun mengapa di jaman sekarang justru ada saja keluhan-keluhan yang dikeluhkan oleh para ibu hamil?


Ya jaman dahulu tubuh mereka sudah lebih siap di banding wanita di jaman sekarang. Bagaimana tidak? Setiap hari mereka bangun jam 4 pagi lalu berjalan dengan telanjang kaki di jalanan yang berbatu sepanjang minimal 1 kilometer untuk pergi ke pasar sedangkan wanita jaman sekarang? Jangankan berjalan satu kilo. Berjalan 100 meter saja menggunakan motor atau mobil, bahkan mengganti channel televisi saja menggunakan remote control. Nah darimana tubuh nya siap? Makanya sangat perlu dan wajib menyiapkan dan menyeimbangkan tubuh demi mempersiapkan persalinan yang lancar. Yoga adalah salah satu cara terbaik untuk ini.





-Good Posture depens on harmonious balance between your body weight and gravity-





Apa saja sih manfaat dari Prenatal Gentle Yoga?




Prenatal Gentle Yoga mampu membantu ibu hamil mengontrol tubuh dan emosinya


Penelitian telah menghubungkan “self-efficacy,” atau tingkat kepercayaan seorang ibu hamil dalam kemampuannya untuk melakukan tugas, dengan pengalaman persalinan dan melahirkan yang lebih mudah dan lebih memuaskan. Satu penelitian tahun 1999 menemukan bahwa self-efficacy tinggi selama trimester ketiga, ketika persalinan, manfaat prenatal gentle yoga ini menjadi memainkan peran penting dalam persepsi nyeri persalinan:


s vibration can create the whole universe Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


para ibu tetap mampu mengendalikan tubuh mereka bahkan selama bagian yang paling menyakitkan secara fisik dari proses persalinan itu sendiri. Sebuah studi 2009 yang dilakukan di Taiwan secara langsung menghubungkan latihanprenatal gentle  yoga pralahir yang rutin dengan self-efficacy tinggi yang berkontribusi pada proses persalinan yang lebih lancar. “Setiap jenis perilaku belajar relaksasi, bernapas, atau berkonsentrasi pada titik fokus dapat membantu,” tambah Adam Romoff, M.D., seorang ob-gyn di Lenox Hill Hospital di New York City.harmonisasi


 


 


Prenatal Gentle Yoga membuat Otot Tubuh lebih rileks


Ketika berhubungan dengan persalinan dan persalinan, harmonisasi antara hubungan pikiran-tubuh adalah yang terpenting, dan prenatal gentle yoga adalah salah satu cara untuk membantu seorang ibu hamil lebin stabil secara emosional dan lebih percaya diri saat proses kontraksi dan mengejan saat persalinan.  pose seperti jongkok dalam (dalam bahasa Sansekerta: malasana) dapat membantu bersantai dan membuka pinggul, memberikan kontrol atas otot dasar panggul , sehingga babian tersebut tidak akan tegang ketika di bawah tekanan.


s vibration can create the whole universe Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


Prenatal Yoga Meningkatkan Stamina Fisik


Manfaat Yoga lainnya selama persalinan termasuk membantu meningkatkan stamina fisik ibu hamil jika persalinan berlangsung lama (meskipun latihan yoga teratur juga telah terbukti mempersingkat proses persalinan hingga dua jam). Stamina yang meningkat berasal dari disiplin fisik yang diperlukan untuk mempertahankan postur cukup lama untuk mendapatkan manfaat pengembangan kekuatan. Ini juga berasal dari fokus mental yang dihasilkan dari konsentrasi yoga pada latihan pernapasan yang membantu paru-paru berkembang hingga kapasitas penuh mereka – yang dapat terasa menantang pada kehamilan lanjut.


Prenatal Yoga Dapat mengoptimalkan Posisi Lahir Bayi


s vibration can create the whole universe Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


Pose yoga juga dapat membantu mengoptimalkan posisi bayi untuk lahir, dengan memungkinkan tulang panggul dan ligamen untuk membuka dan bergerak terpisah satu sama lain. Hal ini memungkinkan kepala bayi untuk menemukan lebih banyak ruang untuk mengoptimasi  dibagian bawah rahim saat mendekati kelahiran. Beberapa pose yoga, seperti pelvic tilt, bahkan dapat mendorong bayi sungsang atau kelahiran posterior untuk berubah menjadi posisi kepala ke bawah yang paling dibutuhkan rumah sakit untuk persalinan pervaginam.


Terlepas dari semua manfaat meyakinkan ini,proses persalinan bisa saja menjadi rumit, dan pengalaman pribadi setiap wanita dengan hal itu berbeda. Prenatal gentle yoga juga dapat membantu senha ibu hamil, termasuk mereka yang terpaksa harus menjalani operas sesar  yang tidak terduga dan mereka yang melakukan persalinan di rumah yang alami atau persalinan pervaginam rumah sakit tanpa obat-obatan.


nah tunggu apa lagi?


silahkan ikuti kelas prenatal gentle yoga di daerah Anda


s vibration can create the whole universe Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


s vibration can create the whole universe Sehat dan Bebas Keluhan dengan Prenatal Gentle Yoga


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar