Be Mindful!!!

Be Mindful!!!

sebenarnya adalah suatubentuk meditasi dimana Anda merasa sadar dan fokus dengan apa yang  Be Mindful!!!


Apa sih itu mindfulness? Mindfulness sebenarnya adalah suatubentuk meditasi dimana Anda merasa sadar dan fokus dengan apa yang Anda lakukan dan alami pada masa sekarang ini, disertai dengan sikap yang terbuka, menerima, dan keingin tahuan. Singkatnya, mindfulness berarti “Sini Kini”. Nah ternyata, teknik ini sangat berguna lho saat persalinan. Penelitian yang dilakukan oleh Larissa Duncan, PhD, seorang professor di UW-Madison mengungkapkan bahwa latihan mindfulness dapat memberikan pengalaman positif saat persalinan dan mengurangi depresi postpartum (PPD).


Mindfulness Dapat Mengubah Mindset Anda


Saat mendengar tentang proses persalinan, kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa proses persalinan itu sakit. Hal itu disebabkan karena sejak kecil kita selalu di beri tahu bahwa persalinan itu sakit oleh keluarga dan lingkungan sekitar. Bahkan untuk tenaga kesehatan pun dalam buku pelajarannya dituliskan bahwa persalinan itu sakit. Penelitian yang dilakukan oleh Whitburn di tahun 2014 mengungkapkan bahwa apa yang Anda pikirkan mengenai rasa sakit dalam proses persalinan dapat mempengaruhi pengalaman persalinan kita.


Pertanyaanya, bagaimana jika kita tidak percaya bahwa proses persalinan itu menyakitkan? Jika pikiran kita dapat mempengaruhi kenyataan dan kita dapat memprogram ulang pikiran kita untuk berpikir bahwa proses persalinan itu nyaman dan menakjubkan, bisakah itu terjadi? Ya, itu dapat terjadi, namun hanya berpikir bahwa persalinan itu nyaman saja tidaklah cukup, Anda harus dapat memasukkan pikiran tersebut ke alam bawah sadar Anda, yang mana hal itu memerlukan pengulangan, emosi, visualisasi, afirmasi, dan meditasi.


sebenarnya adalah suatubentuk meditasi dimana Anda merasa sadar dan fokus dengan apa yang  Be Mindful!!!


Manfaat Mindfulness dalam Proses Persalinan



  1. Mindfulness membantu Anda untuk menghemat energi


Ingatlah bahwa persalinan dapat menjadi sangat melelahkan dan menguras energi. Maka sangatlah penting bagi Anda untuk menghemat energi Anda. Perasaan seperti rasa takut, kecemasan, dan memikirkan masa lalu atau masa yang akan datang dapat sangat melelahkan bagi Anda. Mindfulness dapat membantu Anda menghemat energi saat persalinan karena mindfulness dapat membantu Anda untuk berada di waktu sekarang, dan fokus dengan napas Anda serta segala sensasi yang sedang Anda alami sekarang ini. Saat Anda berada di kondisi semacam itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk beristirahat, terutama diantara kontraksi yang Anda alami.



  1. Mindfulness membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit


Mindfulness berperan banyak dalam mengatasi rasa sakit berdasarkan fakta bahwa pikiran kita mengenai rasa sakit itu dapat mempengaruhi rasa sakit itu sendiri. Saat kita merasa sakit, seringkali kita berfokus pada intensitas rasa sakit tersebut. Hal ini membuat kita tidak hanya fokus ke rasa sakit tersebut tapi juga meningkatkan rasa sakit tersebut. Berdasarkan buku Childbirth Without Fear, rasa takut bertanggung jawab terhadap rasa sakit yang Anda rasakan selama persalinan – rasa takut dapat menyebabkan otot melingkar di uterus berkontraksi sehingga mencegah otot yang berfungsi untuk mendorong bayi ke serviks untuk berkontraksi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan tekanan yang tidak semestinya terjadi.


Mindfulness dapat membantu Anda untuk fokus ke napas Anda dan menerima rasa sakit itu dan bukannya melawan rasa sakit itu, sehingga kemampuan Anda dalam mengatasi rasa sakit tersebut juga dapat meningkat.



  1. Mindfulness dapat mengurangi resiko terjadinya depresi postpartum (PPD)


Mindfulness dapat membuat pengalaman persalinan Anda menjadi lebih positif sehingga trauma yang Anda alami pun juga berkurang. Ketika Anda mengalami pengalaman persalinan yang positif, resiko Anda untuk terkena depresi postpartum (PDD) pun juga akan berkurang.



  1. Mindfulness membantu Anda untuk mencintai diri Anda sendiri


Anda pastinya mempunyai pengalaman melahirkan yang Anda impi-impikan, namun, impian tersebut tidak selalu menjadi kenyataan. Saat Anda tidak dapat memenuhi ekspektasi Anda, Anda dapat merasakan berbagai perasaan seperti kekecewaan, kesedihan, merasa gagal, dan bahkan menyalahkan diri sendiri. Perasaan semacam ini nantinya dapat mempunyai efek yang luar biasa dalam menyusui dan bahkan parenting. Maka sangatlah penting bagi Anda untuk mengatasi perasaan perasaan semacam ini.


Mindfulnes dapat membantu Anda untuk melewati perasaan perasaan semacam itu dan mencintai diri sendiri karena mindfulness dapat membantu kita untuk mengamati pikiran dan perasaan kita sehingga kita akan mengetahui waktu dimana kita sedang mengabaikan atau berusaha menghindar dari perasaan yang sedang kita alami. Mindfulness membantu kita untuk mencintai diri kita sendiri degan bersifat menerima, baik, dan tidak menghakimi diri sendiri.


Tips untuk Melakukan Persalinan yang Mindful



  1. Meditasi


Meditasi merupakan cara teraman dan terefektif untuk mengurangi kecemasan dan stress, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan bayi Anda. Meditasi mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan produksi hormon kortisol dan adrenalin dan juga meningkatkan hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya preeklamsia, menurunkan resiko keguguran, bayi prematur, placental abruption (placenta yang lepas tidak pada waktunya) dan dapat meningkatkan hubungan Anda denga orang orang yang Anda cintai. Meditasi juga dapat meningkatkan produksi ASI yang sangat bermanfaat pada masa menyusui.



  1. Siapkan pikiran Anda


Ingatlah bahwa “knowledge is power”. Perkayalah diri Anda dengan ilmu pengetahuan sehingga saat Anda dihadapkan dengan berbagai pilihan Anda dapat memilih pilihan yang tepat. Selain itu, semakin Anda siap dan tau banyak tentang, Anda juga akan semakin percaya diri dan tenang saat proses persalinan.



  1. Siapkan tubuh Anda


Berolahraga saat kehamilan merupakan sesuatu yang harus dilakukan jika Anda menginginkan proses persalinan yang nyaman. Namun, selain proses persalinan, olahraga dapat membantu Anda untuk mengurangi sakit punggung, meningkatkan stamina, mencegah insomnia, mengurangi stress dan meningkatkan mood selama kehamilan.



  1. Aturlah tempat dimana Anda akan melahirkan


Jika memungkinkan, aturlah suasana tempat dimana Anda akan melahirkan, mintalah provider atau pasangan Anda untuk meminimalisir suara suara berisik dan meredupkan lampu. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat membawa barang barang favorit Anda seperti bantal favorit, boneka favorit, kaos kaki, atau aromaterapi yang dapat membantu Anda merasa lebih rileks saat proses persalinan.



  1. Pasangan yang dapat mendukung Anda


Mempunyai pasangan yang dapat berada disamping Anda, menemani dan membantu Anda untuk tetap tenang saat proses persalinan sangatlah berguna bagi Anda untuk dapat mempunyai pengalaman persalinan yang positif. Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda juga dapat mendatangkan seorang doula yang dapat membantu dan mendampingi Anda selama proses persalinan.


  


Sumber:


https://www.bellybelly.com.au/birth/mindfulness-for-birth/


https://www.headspace.com/blog/2015/07/10/10-tips-for-a-mindful-birth/


https://www.kidspot.com.au/birth/labour/preparing-for-labour/5-ways-mindfulness-can-help-you-have-a-gentler-birth/news-story/414fc3f6c308c88686a5d021471cff7d


https://www.mindful.org/mind-can-reduce-fear-giving-birth/


https://www.mindbodygreen.com/0-28068/i-used-mindfulness-to-have-a-painless-labor-heres-my-birth-story.html


http://www.mindfulbirthing.org


https://www.pnmag.com/pregnancy/labor-delivery/mindful-birthing/


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar