Tetap Positif Selama Kehamilan Beresiko Tinggi? Bagaimana Caranya?

Tetap Positif Selama Kehamilan Beresiko Tinggi? Bagaimana Caranya?

Sebagian besar wanita pasti pernah mempunyai kekhawatiran di suatu titik selama kehamilan, baik kekhawatiran mengenai proses persalinan atau kekhawatiran mengenai kesehatan si kecil, apa yang harus dan tidak boleh dimakan, aktivitas apa yang harus dihindari, dan kekhawatiran – kekhawatiran yang lain. Namun, ketika kehamilan Anda beresiko tinggi atau berlangsung tidak semulus yang Anda harapkan, emosi – emosi kekhawatiran ini akan lebih sering timbul dan bahkan sampai terasa overwhelming. Ditambah lagi dengan lingkungan sekitar yang terkadang membuat Anda merasa dihakimi dan bahkan malah justru menakut nakuti Anda.


Tidak peduli seberapa besar Anda mencoba untuk tetap positif, kekhawatiran dan ketakutan tetap menghantui Anda. Ketidakpastian tetang apa masalah yang sedang terjadi dan apa yang dapat terjadi dapat membuat Anda merasa seperti bom waktu berjalan.


Lalu bagaimana cara agar Anda dapat tetap positif, tenang, dan bersemangat di masa-masa yang paling membuat Anda stress dan cemas ini?



  1. Belajarlah


Sebagian besar wanita pasti pernah mempunyai kekhawatiran di suatu titik selama kehamilan Tetap Positif Selama Kehamilan Beresiko Tinggi? Bagaimana Caranya?


Berdayakan diri Anda, cari tahu tentang apa yang sedang Anda alami, apa yang akan Anda alami, dan apa yang dapat Anda lakukan. Bacalah berbagai penelitian medis, artikel, dan perkaya diri Anda dengan berbagai pengetahuan. Carilah sumber yang terpercaya dan cobalah untuk belajar dari berbagai sumber. Hal ini juga berarti Anda tidak dapat langsung mempercayai semua hal yang Anda baca di internet atau menerima semua saran yang salah satu provider Anda rekomendasikan. Cobalah untuk mencari berbagai alternatif dan pertimbangkan mana yang terbaik dan paling cocok untuk Anda. Carilah pendapat dari beberapa provider kesehatan Anda dan Anda juga bebas untuk menanyakan tentang apa yang telah Anda baca di internet kepada provider Anda. Jika Anda merasa tidak yakin dengan rekomendasi provider Anda, tanyakan tentang ketidakyakinan Anda, jika provider Anda tidak menjawab pertanyaan Anda tapi malah memaksakan sarannya dan menakut nakuti Anda, cobalah untuk cari provider lain. Semakin Anda tau tentang tubuh Anda dan apa yang sedang Anda alami, Anda akan merasa lebih tenang dan dapat berfikir lebih jernih untuk menentukan apa yang terbaik untuk Anda.



  1. Cari dukungan


Dukungan merupakan sesuatu yang sangat penting ketika Anda sedang melalui masa masa sulit di kehamilan Anda. Pastikan bahwa orang orang yang dekat dengan Anda, dan pasangan Anda tau tentang apa yang sedang Anda alami dan dapat mendukung Anda dalam bentuk apapun. Dari mulai mendengarkan semua keluh kesah Anda, menghibur Anda, memberikan pijatan ketika ada bagian yang terasa tidak nyaman, sampai menemani Anda untuk kontrol kehamilan. Selain itu, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian, carilah support group di media social atau di lingkungan Anda yang sesuai dengan kondisi Anda. Support group sangatlah penting di saat saat semacam ini karena bahkan jika orang orang di sekitar Anda sangatlah suportif, kadang Anda tetap akan merasa kesepian karena bagaimanapun juga, orang orang di sekitar Anda tidak dapat merasakan yang Anda sedang rasakan. Menemukan support group yang berisi ibu ibu lain yang sedang melalui kondisi yang sama dengan Anda dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Selain itu, di support group itulah tempat dimana Anda dapat menemukan banyak informasi, harapan, dan dukungan disaat Anda merasa putus asa. 



  1. Minta bantuan ke orang lain


Bantuan tersebut dapat berupa apapun, bantuan emosional maupun bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah. Buatlah daftar tentang hal-hal yang membuat Anda stress sehingga otak Anda tidak perlu terus menerus menghitung hal hal yang membuat Anda merasa stress. Ketika orang di sekitar Anda menanyakan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu, jadikan daftar yang telah Anda buat sebelumnya untuk acuan. Anda bebas untuk meminta bantuan orang orang di sekitar Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau mendengarkan cerita Anda.



  1. Lakukan aktivitas yang menyenangkan


Lakukanlah aktivitas yang membuat Anda senang. Luangkan waktu untuk beristirahat dari semua rutinitas Anda dan bersenang senanglah. Anda juga dapat membeli barang barang yang membuat Anda merasa lebih tenang seperti gymball, atau alat alat persiapan kelahiran lainnya. Anda juga dapat menghabiskan waktu Anda untuk mencari resep resep makanan sehat atau membeli makanan makanan sehat yang lezat. Cobalah untuk mengikuti kelas yoga atau kelas persiapan persalinan untuk membuat Anda merasa lebih tenang.



  1. Hilangkan semua negativitas di hidup Anda


Sebagian besar wanita pasti pernah mempunyai kekhawatiran di suatu titik selama kehamilan Tetap Positif Selama Kehamilan Beresiko Tinggi? Bagaimana Caranya?


Tidak mudah untuk menghilangkan semua negativitas dalam hidup Anda, tapi Anda memerlukannya. Dalam kehamilan yang beresiko tinggi, fokus utama Anda adalah diri Anda, bayi Anda, dan melewati kehamilan Anda dengan sepositif mungkin. Jika Anda mencoba untuk terlalu peduli dengan orang lain, Anda tidak dapat menjaga diri Anda dan bayi Anda. Anda berhak untuk tidak menjawab pertanyaan pertanyaan orang orang disekitar Anda yang membuat Anda stress. Jelaskan apa yang sedang Anda alami dan biarkan orang orang yang menyebarkan negativitas dan membuang buang waktu Anda tahu bahwa Anda tidak dapat mengurusi mereka sekarang ini, tapi Anda dapat memperbaiki hubungan Anda dengan mereka dan kembali seperti biasa setelah kehamilan Anda berakhir. Melalui kehamilan beresiko tinggi bukanlah hal yang mudah, di saat saat seperti inilah Anda dapat bersikap “egois”. Anda dapat memutuskan diri dari orang orang yang Anda anggap membuat Anda ketakutan, orang orang yang penuh negativitas, orang orang membuang buang waktu Anda, dan fokus ke kehamilan Anda yang positif.


Kesimpulan


Anda tidak dapat mengendalikan jalannya kehamilan Anda atau apa yang terjadi pada Anda di masa masa kehamilan itu, tapi Anda dapat mengendalikan reaksi Anda dan cara Anda menghadapi dan melewati kehamilan itu. Perasaan cemas, khawatir, takut, marah,merasa bersalah, atau emosi emosi yang lain setelah menerima kabar bahwa kehamilan Anda beresiko tinggi sangatlah normal. Berikan diri Anda waktu untuk mengatasi perasaan perasaan itu. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri.


Menjaga pikiran yang positif tidak semudah hanya mengatakan “Don’t worry, be happy”. Tapi Anda dapat menjadi lebih postif dengan perasaan bersyukur, dengan melihat sisi baik di semua hal dan mensyukurinya. Saat Anda tetap positif, Anda akan merasa lebih damai, Anda tahu bahwa apapun yang akan terjadi tetap akan terjadi tapi Anda dan bayi Anda akan baik baik saja dan Anda dapat melewati semuanya dan menjadi lebih kuat.


Sebagian besar wanita pasti pernah mempunyai kekhawatiran di suatu titik selama kehamilan Tetap Positif Selama Kehamilan Beresiko Tinggi? Bagaimana Caranya?


.


Sumber:


https://grahamsfoundation.org/my-high-risk-pregnancy/


https://www.kidspot.com.au/birth/pregnancy/real-life/how-best-to-cope-with-anxiety-when-your-pregnancy-is-high-risk/news-story/d29cbc84513cc4e2b097446b0b61fd4c


https://www.scarymommy.com/high-risk-pregnancy-no-losing-your-shit/


https://thefightingirishmartins.com/positive-high-risk-pregnancy/?utm_medium=social&utm_source=pinterest&utm_campaign=tailwind_tribes&utm_content=tribes&utm_term=495707442_17670496_535024


https://thriveglobal.com/stories/how-to-stay-positive-during-a-high-risk-pregnancy/


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar