Diastasis Recti? Apa Itu?

Diastasis Recti? Apa Itu?


Jika perut Anda tidak kunjung mengecil seperti semula setelah si kecil lahir bahkan setelah waktu yang lama, mungkin diastasis rectilah penyebabnya. Diastasis rectiadalah pemisahan otot perut terluar (six pack) yang disebut Rectus Abdominis. Yang menggabungkan dua sisi dari rectus abdominis adalah garis tebal dari jaringan ikat yang bernama Linea Alba. Ketika Anda hamil dan perut Anda membesar, Linea Alba akan mengalami peregangan ekstra dan menipis, menciptakan jarak atau pemisah untuk mengakomodasi pertumbuhan si kecil.





Jika perut Anda tidak kunjung mengecil seperti semula setelah si kecil lahir bahkan setela Diastasis Recti? Apa Itu?




Di banyak kasus, jarak tersebut dapat sembuh secara alami dalam 4 – 12 minggu. Dalam kasus Diastasis Recti,otot ini teregang terlalu jauh sehingga kehilangan elastisitasnya dan kemampuannya untuk kembali seperti semula yang akhirnya membuat jarak tersebut tidak menutup secara sempurna dan Linea Alba yang terlalu teregang dan melemah tidak dapat menyangga organ-organ dalam. Organ organ tersebut menekan dinding perut sehingga mengakibatkan perut Anda masih terlihat seperti ibu hamil sampai taraf tertentu.





Jika perut Anda tidak kunjung mengecil seperti semula setelah si kecil lahir bahkan setela Diastasis Recti? Apa Itu?




Kondisi ini sangatlah umum dialami oleh ibu hamil, sekitar 90% ibu hamil memiliki ini.





Lalu bagaimana Anda bisa tau bahwa perut Anda yang tidak kunjung mengecil itu disebabkan oleh diastasis recti ? Ada cara mudah untuk mengecek diastasis recti. Pertama tama, tidurlah secara terlentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki berada di lantai. Lalu letakkan tangan Anda di perut Anda dengan posisi jari yang mengarak ke bawah. Dengan lembut, tekan jari Anda di daerah pusar, lalu secara perlahan angkat kepala Anda sehingga dagu Anda mengarah ke dada Anda. Posisi ini akan membuat rectus abdominis Anda berkontraksi. Jika Anda merasakan jarak selebar dua jari atau lebih di antara otot Anda ketika otot Anda berkontraksi, maka Anda mempunyai diastasis rekti. 





Jarak di antara otot rectus abdominis tersebut dapat berkisar antara 1 hingga 10 jari. Selain mengukur jarak, Anda juga perlu mengukur kedalamannya. Pemisahan ini juga dapat terjadi di berbagai tempat sepanjang otot perut Anda.









dan berikut ini adalah variasi dari diastasis recti:





Jika perut Anda tidak kunjung mengecil seperti semula setelah si kecil lahir bahkan setela Diastasis Recti? Apa Itu?




Apa sih gejalanya ?





Gejala paling umum dari diastasis recti adalah perut Anda tidak kunjung kempes setelah melahirkan, gejala yang lain biasanya adalah sakit punggung bagian bawah, postur yang buruk, perut kembung, sembelit, dan masalah pada dasar panggul.





Apa efeknya ?





Diastasis recti dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sakit panggul, sakit punggung, disfungsi dasar panggul (SPFD), inkontenisia urin, organ di panggul prolapse, hernia (di beberapa kasus yang parah), masalah pencernaan, dan selain itu, diastasis recti juga dapat merusak postur tubuh Anda. 





Bagaimana cara mencegahnya ?





Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah diastasis recti. Namun ingatlah bahwa bukan berarti dengan melakukan hal ini Anda 100% tidak akan terkena diastasis recti setelah melahirkan, karena bahkan para ibu yang dengan aktif mencoba untuk mencegah kondisi ini tetap dapat terkena diastasis recti, hanya saja tingkatnya tidak akan separah jika Anda tidak melakukan apapun. Jadi apa salahnya mencoba?





Sebelum kehamilan:





  • Cobalah untuk tetap aktif (olahraga dan beraktivitas secara rutin)
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Berlatih menguatkan otot perut dan otot dasar panggul




Saat Kehamilan:





  • Berlatih menguatkan otot perut dan otot dasar panggul (lakukan latihan yang aman untuk ibu hamil. Hindari latihan angkat beban atau menahan napas)
  • Menjaga postur tubuh (Cobalah untuk tetap tegak dan tidak mencondongkan badan ke belakang)
  • Mengangkat barang berat dengan hati hati (ketika mengangkat barang berat, biasakan untuk bertumpu ke kaki Anda dengan menekuk kaki Anda dan bukannya punggung Anda)
  • Menggunakan belly banduntuk menyangga perut Anda
  • Mengkonsumsi makanan kaya protein dan lemak sehat untuk mendukung perkembangan otot dan elastisitas kulit (ikan, alpukat, telur, kacang, dll)




Setelah kehamilan:





  • Beristirahat yang cukup setelah melahirkan
  • Menghindari mengangkat barang barang berat 
  • Menghindari olahraga yang dapat memberikan tekanan di otot perut Anda (planks, sit up, angkat beban) 
  • Jika Anda melakukan c-section, pastikan bahwa luka jahitan Anda sembuh secara sempurna sebelum Anda kembali ke rutinitas Anda sebelumnya dan melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya
  • Menjaga postur tubuh
  • Di beberapa kasus, menggunakan bengkung juga dapat membantu
















Jika sudah terlanjur, apakah masih bisa diobati? Bagaimana caranya ?





Ya, dengan latihan yang teratur, Anda bisa menyembuhkan diastasis recti bahkan setelah bertahun tahun Anda melahirkan si kecil. Namun, menyembuhkan diastasis recti mungkin akan memerlukan beberapa waktu. Lama penyembuhan dapat beragam sesuai dengan tingkat keparahan diastasis recti yang Anda alami dan komitmen Anda untuk menyembuhannya. 





Ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan diastasis recti. Lakukan latihan yang khusus untuk menyembuhkan diastasis Anda. Jika Anda tidak punya waktu untuk datang ke terapis, Anda dapat mencoba beberapa latihan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan operasi “tummy tuck”. Namun, operasi ini tidak disarankan jika Anda masih berencana untuk hamil lagi.





selamat belajar










Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar