Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri

Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri

Dalam setiap tulisan saya di buku, website maupun postingan-postingan saya di social media, saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami.


 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


Sebagian ibu yang membaca menjadi merasa termotivasi dan akhirnya berupaya dan memberdayakan diri. Namun beberapa ibu justru merasa sakit hati dan merasa gagal karena merasa persalinannya belum seindah yang mereka baca atau justru persalinannya berujung trauma.


 


Mari kita bahas pelan pelan ya?


Namun saya akan ajak Anda dulu untuk memahami sebuah konsep tentang persalinan yang minim trauma / Gentle Birth.



  1. Gentlebirth adalah metode persalinan yang tenang, penuh kelembutan dan memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh seorang manusia.

  2. Gentle birth membutuhkan persiapan sejak masa kehamilan. Baik persiapan fisik maupun mental calon ibu


silahkan membaca beberapa art work yang sudah saya buat tentang GENTLE BIRTH di bawah ini:

 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


Setelah melihat artwork yang saya posting, semoga Anda lebih memahami tentang arti gentle birth


karena saat mempersiapkan persalinan, lalu Anda justru terobsesi dengan persalinan pervaginam, tanpa mempersiapkan segala kemungkinan di luar exspectasi, maka justru ini yang akan merugikan. Karena pada dasarnya gentle birth bukanlah PERSALINAN NORMAL perVAGINAm VS Operasi Caesar/ persalinan dengan intervensi.


Karena ketika Anda berfikir demikian, maka ini sangat mengecewakan atau bahkan membuat sakit hati bagi para ibu yang pada akhirnya harus melahirkan dengan dibantu intervensi atau harus melahirkan dengan operasi Caesar.


Biarkan saya jelaskan.


Kita masing-masing wanita memiliki tubuh yang unik, struktur panggul yang unik, latar belakang agama yang unik, latar belakang pendidikan dan lingkungan yang unik dan kompleks, serta kondisi latar belakang pengalaman yangunik yang pada akhirnya mengajarkan kita hal-hal unik tentang tubuh kita, pengalaman dan konsep unik vagina dan kemampuan tubuh kita, dan konsep unik tentang rasa sakit.


Sayapun  benar-benar percaya bahwa karena semua  ibu adalah “actor” yang berbeda-beda yang sudah mempunyai “naskah” masing-masing dan bahwa proses transformasi, penyembuhan dan pemberdayaan diri untuk menjadi seorang ibu sebenarnya bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya.


Persalinan dan kelahiran, meskipun jelas monumental karena merupakan awal kehidupan manusia, juga monumental karena merupakan awal kehidupan wanita sebagai seorang ibu. Keberhasilannya sebagai ibu baru, saya sangat sering percaya, tergantung pada pandangannya tentang dirinya sendiri saat ia melakukan perjalanan melalui persalinan.


Beberapa ibu, meskipun bayi mereka dilahirkan secara alami, masih saja ada juga yang mengalami trauma yang tidak perlu selama persalinan. Ini bisa menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuatnya merasa tersisih.


Bagi para ibu yang telah berusaha melahirkan secara alami dan dituntun pada jalan yang berbeda karena alasan apa pun, bisa ada kesedihan, rasa malu, kekecewaan, kemarahan, rasa tidak aman, dan perasaan tidak mampu.


Alhasil ketika persalinan normal pervaginam menjadi OBSESI dan akhirnya menimbulkan persepsi dan kepercayaan bahwa gentle birth adalah persalinan normal pervaginam, maka filosofi dan esensi tentang gent;e birth itu sendiri jadi hilang, karena akhirnya akan ada perpecahan, judgment, cemoohan, sampai terjadi “mommy war” di kalangan para ibu. Dan ini tidak baik.


 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


Nah mari kita sama sama bertumbuh lebih dewasa dan bijak,


Pertama yang harus kita sepakati bersama adalah:



  1. Tugas kita sebagai sesama wanita, sesama ibu, orang tua, kakek nenek, bidan, doula adalah untuk menghormati setiap ibu dan kisahnya dan, bila perlu, untuk membantunya membingkai ulang ceritanya dengan cara yang mengingatkannya pada keberanian, kekuatan, dan kemampuannya sebagai seorang wanita dan ibu. Karena Pada akhirnya kita semua adalah ibu dan ibu, dalam setiap cara kita melahirkan dan dilahirkan, dan semuanya adalah proses yang sungguh menakjubkan.

  2. Yakinilah bahwa tidak peduli bagaimana Anda melahirkan dan dilahirkan, edukasi, pemberdayaan diri dan persiapan persalinan punya peran yang sangat besar dalam berkontribusi pada penurunan trauma dan pemberdayaan ibu.


kenapa demikian?


Ya! karena KNOWLEDGE is POWER


 saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri  saya selalu berbagi tentang Gentle Birth dan persalinan alami Tentang Gentle Birth dan Pemberdayaan Diri


Edukasi / Pendidikan adalah salah satu alat terbesar dan terkuat yang kita miliki untuk melengkapi dan mempersiapkan diri kita sendiri. Ketika Anda teredukasi, maka Anda akan lebih berdaya. Dan ini akan sangat penting, karena Anda akan semakin paham dan mengerti apa yang harus Anda lakukan dan apa yang tidak harus Anda lakukan.


Beruntungnya, saat ini tehnologi sangat membantu Anda untuk mencari berbagai informasi tentang persalinan. Dan sudah ada kelas kelas persiapan persalinan gentle birth (offline maupun Online)


 


Kelas persiapan persalinan GENTLE BIRTH di Bidan Kita salah satunya.


 


Di kelas ini, saya mengajar tentang proses fisiologis alami persalinan dan kelahiran, berbagai cara untuk mengatasinya ketika ada kasus yang berbeda, apa yang mungkin terjadi selama proses persalinan dan berbagai komplikasi dan intervensi yang mungkin muncul dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya.


 


Tidak peduli apa jenis kelahiran yang Anda rencanakan atau akhirnya terjadi padamu, semakin Anda tahu, semakin sedikit kebingungan akan terjadi ketika situasi yang tidak Anda harapkan muncul. Ini adalah salah satu cara penting untuk meminimalkan trauma dan merasa diberdayakan ketika membuat pilihan selama persalinan.


 


Bersamaan dengan informasi ini, salah satu tujuan utama saya adalah untuk membantu ibu menilik kembali kisah mereka – kenangan dan pengalaman unik yang membentuk konsep mereka tentang diri dan tubuh mereka, terutama sekarang sebagai wanita hamil. Ada banyak yang harus dipelajari selama masa ini. Ketakutan muncul, rasa tidak aman tersingkap, preferensi tentang siapa yang dapat menghadiri persalinan dan siapa yang tidak. Pendekatan terapeutik ini menghilangkan fokus dari informasi (yang dapat dengan mudah ditafsirkan sebagai “benar” atau “salah”)


Dan untuk info kelas yang ada di klinik bidankta baik Offline maupun Online dapat Anda dapatkan melalu HOTLINE +62 813-4623-3500


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar