Fakta Tentang Tendangan Bayi

Fakta Tentang Tendangan Bayi

Seorang ibu akan selalu bersemangat jika bayinya menendang, tidak peduli itu tendangan keberapa. Karena tendangan itu dapat membuat Anda merasa lega bahwa si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik dan sebentar lagi akan bergabung dengan Anda di dunia. Selain itu tendangan tersebut mengingatkan Anda bahwa ada kehidupan di dalam Anda. Namun, tidak semua gerakan yang Anda rasakan berasal dari tendangan. Si kecil menghabiskan banyak waktunya untuk mengeksplorasi rahim, cegukan, berubah posisi, dan bahkan berjungkir balik. Bayi itu sibuk!


Seorang ibu akan selalu bersemangat jika bayinya menendang Fakta Tentang Tendangan Bayi


Berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai tendangan bayi:



  1. Kapan saya akan merasakan tendangan si kecil?


Ibu yang mengalami kehamilan pertama mungkin akan merasakan pergerakan si kecil di umur kehamilan 24 minggu (namun banyak juga yang sudah merasakan tendangan janinnya di usia 18-22 minggu). Bayi Anda sebenarnya sudah mulai bergerak jauh sebelum itu, namun sensasinya mungkin tidak familiar untuk Anda dan mungkin Anda tidak mengenalinya karena gerakan bayi biasanya tidak begitu kuat di awal persalinan. Di kehamilan kedua, beberapa ibu dapat merasakan pergerakan si kecil sejak umur kehamilan 13 minggu. Anda akan lebih dapat merasakan tendangan si kecil jika Anda berada di posisi tenang seperti duduk atau berbaring. Anda akan kesulitan untuk merasakan gerakan si kecil jika Anda aktif, plasenta si kecil berada di depan dinding rahim (anterior), atau jika punggung bayi sudah menghadap di depan rahim Anda (posterior).


Seorang ibu akan selalu bersemangat jika bayinya menendang Fakta Tentang Tendangan Bayi



  1. Kenapa si kecil menendang?


Tendangan bayi biasanya merupakan respon dari apa yang terjadi di lingkungan mereka. Terlalu berisik, terlalu terang, atau bahkan makanan tertentu dapat menstimulasi bayi untuk menendang dan bergerak. Selain itu, bayi juga perlu meregangkan badan dan bergerak untuk relaksasi. Ketika Anda bergerak, bayi Anda akan merasa tenang seakan digoyang goyang, sehingga si bayi biasanya akan rileks dan bahkan tertidur. Selain itu, calon ibu yang mengikuti latihan relaksasi seperti meditasi atau yoga mungkin juga akan menemukan bahwa bayi mereka lebih tenang dan tidak banyak bergerak. 



  1. Berapa banyak gerakan bayi dapat dirasakan per harinya?


Biasanya si kecil dapat bergeak 15-20 kali per hari, mengingat bahwa gerakan ini termasuk semua gerakan, tidak hanya tendangan. Namun semua bayi berbeda, dan begitu pula dalam hal gerakan. Beberapa bayi mungkin akan bergerak terus menerus, namun ada juga bayi yang tidur sepanjang hari dan hanya bergerak di saat saat tertentu.


Biasanya bayi tidur dan beristirahat di dalam rahim hingga 17 jam per hari. Selain itu jika Anda merupakan orang yang aktif dan sibuk, Anda terkadang tidak memperhatikan ketika bayi Anda bergerak. Sebagian besar ibu hamil akan menyadari bahwa gerakan bayi meningkat setelah waktu makan, setelah aktif beraktifitas, dan saat sore. Hal ini disebabkan karena bayi biasanya akan merespon terhadap perubahan kadar gula darah di tubuh Anda. 



  1. Kapan saya harus menghitung tendangan bayi?


Anda dapat mulai menghitung gerakan si kecil dari umur kehamilan 28 minggu. Pilihlah waktu dimana bayi Anda biasanya paling aktif, atau ketika Anda dapat beristirahat atau fokus. Kekonsistenan itu penting, jadi usahakan untuk memilih waktu yang sama setiap hari ketika Anda menghitung gerakan si kecil. Ketika Anda sudah terbiasa mengamati gerakan si kecil, Anda akan mulai mengetahui apa pola yang normal untuk bayi Anda. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, gerakan tersebut seharusnya tidak berkurang, namun bayi Anda akan mempunyai lebih sedikit ruang untuk bergerak sehingga sensasi gerakan mereka akan terasa berbeda.



  1. Bagaimana cara memeriksa gerakan bayi?


Mudah untuk melewatkan gerakan bayi Anda, apalagi bila Anda sangatlah sibuk dan aktif sepanjang hari. Namun, Anda dapat menghubungi provider Anda jika Anda merasa bahwa gerakan bayi Anda berkurang secara drastis.


Umumnya, Anda disarankan untuk duduk atau berbaring dengan nyaman atau miring ke kiri dengan bantal untuk mengganjal perut Anda. Amati dan catat berapa lama waktu yang bayi Anda perlukan untuk bergerak 10 kali. Seiring berjalannya waktu, Anda akan tau apa yang normal bagi bayi Anda dan Anda akan tahu kapan puncak gerakan bayi Anda terjadi. Jika ada perubahan dari apa yang biasanya normal bagi bayi Anda atau Anda tidak merasakan gerakan apapun selama 2 jam, hubungi provider Anda.



  1. Apakah gerakan bayi yang berkurang berarti ada sesuatu yang buruk?


Walaupun tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah, pengurangan gerakan bayi secara signifikan dapat menjadi indikator dari terjadinya fetal distress dari kurangnya nutrisi atau oksigen. Pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan untuk mengetahui penyebab menurunnya gerakan bayi. Pemeriksaan ini termasuk USG untuk memeriksa aliran darah ke plasenta, kondisi bayi, dan seberapa baik bayi Anda merespon ke rangsangan.


Jika bayi Anda tidak bergerak, cobalah untuk duduk dan bersantai, meminum minuman dingan atau camilan dan angkat kaki Anda ke atas. Rasa dingin dan gula yang ada dalam makanan Anda dapat membuat si kecil merespon. Respon bayi dapat bermacam macam melalui cegukan, tendangan, debaran, atau sogokan kecil. 



  1. Apakah saya harus menghitung tendangan bayi setiap hari?


Menghitung gerakan bayi itu penting, namun kecuali jika Anda sedang mengalami kehamilan beresiko tinggi, Anda tidak perlu terlalu terobsesi untuk menghitung gerakan si kecil. Terkadang saat Anda terlalu sibuk, Anda tidak akan menyadari gerakan apapun. Saat saat itula berarti Anda diminta untuk fokus ke si kecil. Jika provider Anda menyarankan Anda untuk melakukan pengamatan pada gerakan bayi, disarankan bahwa Anda melakukannya di waktu yang sama setiap hari, setelah makan atau ketika bayi Anda biasanya banyak bergerak. 



  1. Apakah gerakan si kecil akan berkurang setelah umur kehamilan 36 minggu?


Setelah umur kehamilan 36 minggu, bayi akan mempunyai lebih sedikit ruang untuk melakukan tendangan dan lain lain. Namun, mereka tetap akan menggunakan tangan mereka untuk mengeksplorasi tangan dan tubuh mereka, bermain dengan tali pusar, dan mencoba untuk stretching di ruangan yang sempit. Gerakan yang regular dan beritme biasanya mengindikasikan bahwa bayi Anda sedang cegukan (beberapa bayi cegukan di waktu yang sama setiap hari)


 


Sumber:


https://www.bellybelly.com.au/pregnancy/baby-kicking-9-facts-you-need-to-know/


https://www.momjunction.com/articles/facts-about-babys-kicks-during-pregnancy_00356759/#gref


https://sg.theasianparent.com/amazing-facts-babys-kicks-pregnancy


https://www.webmd.com/baby/fetal-movement-feeling-baby-kick#1


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar