4P dalam Persalinan

4P dalam Persalinan

Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks. Ada beberapa faktor dan komponen yang harus bekerja sama agar peristiwa ini dapat terjadi dengan sukses. Komponen ini dapat disebut dengan “4P”. Komponen ini dapat menentukan segalanya seperti kapan dan bagaimana bayi Anda akan lahir. Jika persalinan ibarat suatu mesin, “4P” ini adalah roda giginya. Jika salah satu roda gigi hilang atau tidak sejajar, maka seluruh mesin tidak akan berfungsi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui keempat hal ini sehingga Anda dapat lebih mengerti bagaimana tubuh Anda bekerja dan dapat membuatnya lebih optimal sehingga Anda dapat memperoleh pengalaman persalinan yang positif.


 


Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks 4P dalam Persalinan


Passanger (Penumpang)


Passanger adalah penumpang yang tentu saja di dalam konteks ini berarti bayi Anda. Percaya atau tidak, bayi Anda mempunyai peranan penting dalam menentukan bagaimana mereka akan dilahirkan, karena pada dasarnya, bayi Andalah yang menentukan kapan ia akan dilahirkan. Penelitian menunjukkan bahwa paru-paru bayi dapat mengeluarkan protein tertentu ketika mereka sudah siap untuk dilahirkan. Protein ini akan memberi sinyal pada tubuh sang ibu untuk mulai mempersiapkan persalinan. Membuat tubuh Anda mulai memproduksi oksitosin dalam jumlah besar untuk persalinan dan memastikan bayi Anda sudah berkembang sepenuhnya dan siap untuk lahir di dunia. Ketika semuanya sudah siap, bayi Anda secara naluriah akan bergerak melewati panggul Anda. Memutar, menundukkan kepalanya, dan melakukan pergerakan lain untuk dapat lahir ke dunia.


Dalam proses persalinan, Anda dan bayi Anda berada di dalam tim yang sama dan harus bekerja sama agar persalinan Anda dapat berjalan dengan lancar. Walaupun bayi Andalah yang menentukan kapan ia akan dilahirkan, namun Andalah yang dapat menentukan posisi dan presentasi kepala bayi Anda lewat kebiasaan dan postur Anda sehari hari. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk memberdayakan diri dan memastikan bahwa bayi Anda berada di dalam posisi yang seoptimal mungkin untuk persalinan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai posisi bayi, klik disini.


Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks 4P dalam Persalinan


Power (Kekuatan)


Power yang dimaksud disini adalah kekuatan yang dapat mendorong bayi Anda melewati jalan lahir, atau singkatnya adalah kontraksi atau gelombang cinta. juga stamina dan NIAT Anda. Kontraksi ini harus cukup kuat untuk melebarkan serviks Anda dan membantu bayi Anda untuk keluar melewati jalan lahir. Selain itu, kontraksi ini juga harus mempunyai ritme yang teratur, semakin kuat seiring berjalannya persalinan. Namun, kontraksi juga tidak boleh terlalu intens atau terlalu kuat untuk menghindari terjadinya fetal distress. Disaat inilah oksitosin memainkan perannya. Saat bayi Anda siap untuk dilahirkan, tubuh Anda akan mulai memproduksi oksitosin dalam jumlah yang besar. Oksitosin inilah yang akan membuat Anda berkontraksi. Selain itu, oksitosin juga akan menentukan seberapa kuat dan seberapa intens kontraksi itu akan terjadi. Masalahnya adalah hormon ini sangatlah pemalu dan sangat tergantung dengan emosi Anda. Ketika Anda berada di lingkungan yang asing dan tidak nyaman, oksitosin yang dikeluarkan tubuh Anda juga akan berkurang, membuat kontraksi Anda hilang dan persalinan Anda macet. Disaat inilah terkadang provider Anda akan menggunakan pitocin atau oksitosin buatan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai oksitosin, Pitocin, dan perbedaannya, klik disini.


Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks 4P dalam Persalinan


Passage (Jalan)


Jalan yang dimaksud disini adalah panggul Anda. Kebanyakan orang tidak tau bahwa panggul tidaklah sebatas struktur tulang belaka. Ada banyak ligament yang dapat menggerakkan dan menyangga panggul tersebut, membuatnya sebagai jalan yang sempurna untuk persalinan. Walaupun bentuk keseluruhan dari panggul sang ibu dipengaruhi oleh bentuk tubuh dan hormon yang keluar pada saat kehamilan yang dapat membuatnya lebih fleksibel. Namun, pada dasarnya tubuh seorang wanita sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat bersalin secara normal, termasuk panggulnya. Sering kali kita dengar istilah “panggul sempit” dan saat ini kasus semacam ini semakin meningkat. Namun sebenarnya, istilah ini muncul karena panggul Anda tidak seimbang dan posisi bayi Anda kurang optimal sehingga menimbulkan tantangan tersendiri pada saat proses persalinan. Maka dari itu sangatlah penting bagi Anda untuk memberdayakan diri Anda selama persalinan sehingga panggul Anda berada di dalam kondisi yang optimal untuk melahirkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ligament panggul, klik disini , dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya balance saat persalinan, klik disini. 


Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks 4P dalam Persalinan


Psyche (Jiwa)


Komponen yang terakhir adalah jiwa, atau kondisi emosional Anda saat proses persalinan. Tanpa Anda sadari, emosi Anda membawa pengaruh yang sangat besar untuk proses persalinan Anda karena pada dasarnya emosi Andalah yang akan menentukan kapan hormon oksitosin atau adrenalin akan keluar, yangmana menentukan apakah persalinan Anda akan berhenti karena adanya flight or fight response atau persalinan Anda akan berlangsung dengan lancar dan nyaman berkat bantuan oksitosin yang membuat kontraksi Anda menjadi lebih teratur dan beta endorphin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit. Namun, masalahnya lingkungan kita tidak selalu ideal. Banyak cerita dan tekanan dari orang terdekat yang membuat rasa takut, kekhawatiran, dan stress mulai bermunculan. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memberdayakan diri dan mempersiapkan diri Anda sehingga Anda dapat menghadapi stressor tersebut dengan lebih baik, karena pada dasarnya walaupun kita tidak dapat mengkontrol lingkungan disekitar kita, namun kitalah yang menentukan bagaimana cara kita bereaksi dan menghadapi stressor tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hormon dalam persalinan, klik disini.


Bonus:


Persalinan merupakan suatu peristiwa yang indah dan kompleks 4P dalam Persalinan


Preparation (Persiapan)


Komponen tambahan yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan. Pada dasarnya, persalinan dapat diibaratkan seperti ujian. Anda tidak dapat datang mengerjakan ujian dan mendapatkan hasil yang bagus tanpa persiapan atau hanya dengan bermodalkan harapan atau keinginan untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa disertai dengan persiapan apa-apa. Begitu pula dengan persalinan. Ada bayak sekali yang harus Anda siapkan dan pelajari untuk dapat mencapai persalinan impian yang lancar, minim rasa sakit, dan minim trauma. Tuhan telah menyediakan waktu kurang lebih 9 bulan untuk Anda mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk persalinan. Manfaatkanlah waktu itu dengan sebaik mungkin. Berdayakan diri Anda, ikuti kelas persiapan persalinan, ikuti support group, bacalah buku dan artikel seputar kehamilan dan proses persalinan, berolahragalah, latih nafas Anda, lakukan relaksasi, dan atur pola makan Anda, dan banyak lagi. Cobalah untuk bersikap lebih aktif karena pada dasarnya, asal Anda mau belajar dan memberdayakan diri, tidak ada kata terlambat.


 


Selamat memberdayakan diri


 


Sumber:


https://altaviehealth.com/the-3-ps-of-birth-progress/


https://dancingdoulajeanelle.com/2017/12/19/the-4-ps-a-k-a-the-driving-force-behind-your-labour/


https://www.kiwifamilies.co.nz/articles/the-5-ps-to-normal-labour-and-birth/


https://shininglightprenatal.com/2011/06/18/the-4-ps-of-birth-the-need-to-sync-your-body-your-baby-and-your-mind/


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar