Bengkak Pascapersalinan? Bagaimana Mengatasinya?

Bengkak Pascapersalinan? Bagaimana Mengatasinya?

Bengkak (edema) pascapersalinan adalah kondisi yang sering terjadi. Terkadang, Anda juga akan bengkak di sekitar wajah, perut, dan pergelangan kaki. Biasanya, bengkak akan mulai menghilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Mungkin Anda juga akan mengalami bengkak di area sayatan, seperti pada operasi cesar atau episotomi. Pembengkaan ini mungkin akan menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pembengkaan setelah persalinan dan bagaimana mengatasinya.


 


 pascapersalinan adalah kondisi yang sering terjadi Bengkak Pascapersalinan? Bagaimana Mengatasinya?Apa penyebabnya?


Selama kehamilan, tubuh Anda mengandung lebih banyak air untuk bayi Anda. Setelah persalinan, air ini akan dilepaskan secara perlahan melalui keringat dan air kencing. Air tambahan inilah yang membuat Anda bengkak. Berikut ini adalah beberapa penyebab lain terjadinya pembengkaan pasca persalinan.



  1. Hormon


Penyebab paling umum terjadinya pembengkaan pascapersaliinan adalah hormon. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi hormon progesterone dalam jumlah banyak. Progesteron yang berlebihan ini dapat menyebabkan retensi air dan natrium dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan pembengkaan setelah kelahiran si kecil.



  1. Rahim yang membesar


Ketika rahim Anda membesar seiring dengan pertumbuhan si kecil, pembesaran ini dapat menekan pembuluh darah yang mengalirkan darah Anda ke kaki dan membatasi aliran darah ke tubuh bagian bawah. Karena selama persalinan, tubuh Anda akan menyimpan cairan tambahan untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda, setelah persalinan, tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk mengeluarkan dan mengurangi cairan tersebut.



  1. Proses persalinan


Tekanan yang ada selama kehamilan akan menyebabkan pembengkaan. Selain itu, saat Anda mengejan di proses persalinan, darah dan cairan di tubuh Anda akan berada dalam puncaknya. Hal ini nantinya dapat menyebabkan pembengkaan di jari, tangan, kaki, dan juga wajah. 



  1. Cairan Intra vena (infus)


Cairan Intra vena (IV) juga merupakan salah satu penyebab pembengkaan pascapersalinan. Sebagian besar wanita yang mengalami operasi caesar akan menerima obat obatan dan anesthesia melalui infus dan terkadang bahkan wanita yang melahirkan normal juga menerima beberapa intervensi berupa ptocin atau cairan tertentu melalui infus. Cairan tambahan ini akan menumpuk di tubuh Anda dan akan membutuhkan beberapa hari untuk keluar dari tubuh Anda.


Selain itu, pembengkaan dapat terjadi jika Anda berada di cuaca yang lembab dan panas, berdiri tegak di waktu yang lama, banyak beraktivitas sepanjang hari, mengkonsumsi sodium dan kafein dalam jumlah banyak, mempunyai pola makan rendah potasium.


Gejala edema pascapersalinan


Pembengkaan di area tangan dan kaki bisa berkisar daei ringan, sedang, atau ekstrim.



  • Kulit di tangan, kaki, dan area bengkak yang lain tampak meradang, merenggang, mengkilap, dan bengkak

  • Kulit akan tenggelam ketika Anda menekannya

  • Pembengkaan mungkin juga akan mempengaruhi area perut


Bagaimana cara mengatasinya?


Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan atau mengurangi bengkak pasca persalinan.



  1. Hindari berdiri terlalu lama


Jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, cobalah untuk beristirahat disela sela dan cobalah untuk mengangkat kaki Anda keatas saat kondisi memungkinkan untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki Anda. Saat Anda duduk, cobalah untuk tidak menyilangkan kaki Anda karena posisi ini data membatasi airan darah di kaki Anda. Ketika Anda berada di rumah, angkatlah kaki dan tangan Anda sampai kaki dan tangan Anda diatas atau sejajar dengan jantung Anda. Pertahankan posisi ini sampai sekitar 30 menit setiap hari. Anda juga dapat mengistirahatkan kaki Anda ke tembok saat Anda sedang berbaring. Posisi seperti ini dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi pembengkaan.



  1. Pakai alas kaki yang nyaman


Cobalah untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak menyesakkan untuk kaki Anda dan hindari menggunakan high heels.



  1. Konsumsi banyak cairan


Mungkin saran ini terdengar berlawanan, namun sebenarnya mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu mengurangi dan mengeluarkan kandungan air yang ditahan oleh tubuh Anda. Hal ini terjadi karena dehidrasi membuat tubuh Anda menahan air tambahan tersebut. Selain itu, mengkonsumsi air dapat membantu membersihkan tubuh Anda melalui ginjal, yangmana dapat menjaga sistem tubuh Anda tetap sehat dan mempercepat pemulihan Anda. Jadi ingatlah untuk mengkonsumsi banyak cairan dan kosongkan kandung kemih Anda.



  1. Atur pola makan


Hindari makanan yang mengandung banyak garam atau sodium, selain itu hindari juga makanan olahan. Banyak makanan olahan termasuk keripik, kue, dan minuman bersoda mengandung banyak sodium. Makanan makanan ini dapat meningkatkan pembengkaan pasca persalinan. Konsumsilah makanan bergizi seimbang seperti sayur, buah, dan protein. Selain itu, konsumsilah makanan kaya potassium. Makanan kaya potassium seperti pisang, bayam, alpukat, lentils, yogurt, dan selai kacang dapat secara alami mengurangi kandungan sodium dalam tubuh Anda sehingga dapat membantu untuk mengurangi pembengkaan. Hindari konsumsi kafein karena minuman berkafein dapat membuat tubuh Anda kehilangan air, meningkatkan resiko dehidrasi, membuat tubuh Anda merespon dengan menahan cairan yang ada di tubuh Anda. Gantikan minuman berkafein dengan the herbal atau air putih untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi pembengkaan pasca persalinan.



  1. Gunakan kompres dingin


Gunakan kompres dingin untuk mengompres area tubuh yang bengkak seperti tangan atau kaki.



  1. Lakukan olahraga ringan


Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, gentle yoga, berenang, dan pilates untuk mengurangi pembengkaan. Bergerak dan melakukan olahraga ringan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan air yang ada di tubuh Anda. Selaiun itu, olahraga juga dapat membantu Anda untuk mengeluarkan cairan tambahan yang ada di tubuh Anda melalui keringat. Konsultasikanlah dengan provider Anda sebelum memulai program olahraga. Ikuti tubuh Anda dan hindari gerakan yang dapat menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.



  1. Pakai pakaian longgar


Pakaian yang sempit dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Hal ini dapat mencegah tubuh Anda untuk mengeluarkan air tambahan yang ada di tubuh Anda. Pakailah pakaian yang nyaman dan longgar untuk mencegah hal ini.



  1. Rendam kaki Anda


Anda dapat merendam kaki Anda di campuran air dan essential oil. Anda dapat menggunakan cypress untuk memperlancar aliran darah dan mencegah varises. Gunakan lavender atau chamomile untuk mengurangi ketidaknyamanan. 



  1. Lakukan akupuntur, refleksiologi, atau pijat


Terapi seperti akupuntur, pijar dan refleksiologi dapat menjadi alternatif yang baik untuk membantu mengurangi pembengkaan karena terapi ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan kandungan air tambahan yang ditahan oleh tubuh Anda. 



  1. Jaga tubuh Anda agar tetap dingin


Jagalah tubuh Anda untuk sedingin mungkin karena udara panas dapat memperparah pembengkaan. Cobalah untuk tetap berada di dalam ruangan dan pastikan bahwa ruangan Anda memiliki ventilasi yang baik.


Kapan harus pergi ke rumah sakit?


Edema setelah persalinan biasanya bukanlah tanda terjadinya sesuatu yang serius karena pembengkaan ini biasanya akan berkurang dengan sendirinya. Namun, di beberapa kasus, pembengkaan tidak kunjung berkurang dalam hitungan minggu dan terkadang edema diiringi dengan gejala lain seperti rasa sakit, iritasi, sakit kepala, muntah, pandangan buram, sensitifitas terhadap cahaya, demam, keluarnya bau yang tidak sedap, masalah pernapasan, palpitasi, pembengkaan di seluruh tubuh, minimnya air kencing, dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera konsultasikan dengan provider Anda.


Apakah bisa dicegah?


Walaupun mungkin Anda tidak dapat menghindari pembengkaan setelah persalinan, Anda dapat mengurangi tingkat keparahannya. Salah satu cara terbaik untuk mencegah pembengkaan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang selama kehamilan seperti:



  • Konsumsi makanan kaya protein rendah lemak seperti daging, unggas, sayur, kacang, dan telur.

  • Konsumsi buah dan sayur-sayuran

  • Kurangi konsumsi hula, garam, dan makanan berlemak dan konsumsi banyak air putih. Air putih dapat membantu ginjal Anda untuk mengeluarkan cairan tambahan yang ada di tubuh Anda.

  • Konsumsi makanan yang dapat membantu untuk mengeluarkan air kencing secara alami sepeti apel, buah sitrus, parsley, selada air, dan seledri.

  • Tambahkan lebih banyak bawang bombai dan bawang putih di menu makanan Anda karena makanan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh Anda.

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E. Anda dapat mengkonsumsi brokoli, tomat, melon, kentang, stroberi, paprika (merah dan hijau), dan buah sitrus untuk vitamin C. Untuk vitamin E, Anda dapat mengkonsumsi kacang mete, almond, jagung manis, dan biji bunga matahari.

  • Hindari alcohol dan rokok karena dapat memperlambat penyembuhan pembengkaan dan tidak baik untuk kesehatan si kecil.


Selamat mencoba


Sumber:


https://www.babycenter.com/0_postpartum-swelling-edema_1152274.bc


https://www.healthline.com/health/pregnancy/postpartum-swelling#wear-comfortable-shoes


https://www.medicalnewstoday.com/articles/322504.php


https://www.momjunction.com/articles/simple-effective-ways-to-cure-postpartum-edema_0082006/


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar