PUPPS

PUPPS

PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing. PUPPS merupakan singkatan dari Puritic Uritical Papules and Plaques of Pregnancy. Terdengar rumit memang, singkatnya PUPPS adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada saat persalinan berupa ruam di perut. Ruam ini dapat menyebabkan iritasi, rasa gatal dan bahkan terkadang sampai terasa menyakitkan hingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi sang ibu.


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


PUPPS biasanya terjadi di trimester ketiga atau setelah 35 minggu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa kondisi ini bisa datang lebih awal. Walaupun kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan, berita baiknya adalah kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya, bahkan ada beberapa ibu yang bilang bahwa kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan, namun hal ini bukan berarti tidak dapat mengobatinya.


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


PUPPS tidak berhubungan dengan preeklamsia, kecacatan janin, penyakit autoimun, atau komplikasi hormonal. Selain itu, kondisi kulit yang satu ini tidaklah menular, jadi Anda masih dapat bebas berpelukan dengan anak atau pasangan Anda.


Apa Gejalanya?


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Rasa gatal adalah bagian terburuk dari PUPPS. Selain bercak-bercak atau garis merah yang menyebabkan rasa gatal di area perut, berikut ini adalah tanda dan gejala lain yang harus Anda perhatikan:



  • Stretch marks, yang mana merupakan gejala paling awal

  • Ruam yang terasa sangat gatal

  • Bercak merah atau adanya area kulit yang menjadi kemerahan

  • Eksim seperti lesi

  • Rasa gatal dan bercak merah dimulai dari area perut dan lalu menyebar

  • Lecet


PUPPS dimulai dengan bentol-bentol kecil yang gatal dan lama-kelamaan akan mulai memerah. Pada awalnya mungkin mereka akan terlihat seperti stretch marks di area perut dan semakin lama stretch marks tersebut akan meluas ke daerah lain seperti dada, tangan, ketiak, dan punggung. Namun bagaimanapun juga, PUPPS tidak menyebar ke wajah, telapak tangan, telapak kaki, dan juga pusar.


Apa Penyebabnya?


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Penyebab utama dari PUPPS belum diketahui. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil dapat terkena PUPPS karena alasan berikut: 



  1. Perut yang meregang


Membawa beban tambahan di perut Anda dapat memberikan tekanan di jaringan ikat yang ada di perut Anda. Tekanan semacam ini dapat menyebabkan timbulnya stretch marks dan nantinya dapat menimbulkan pembengkaan yang dapat berlanjut menjadi PUPPS di perut Anda.



  1. Sel janin yang bermigrasi


Saat berada di dalam kandungan, sel janin Anda akan bermigrasi di tubuh Anda, termasuk di kulit Anda. Terkadang, saat sel tersebut ada dalam jumlah yang banyak, sistem pertahanan di kulit Anda akan menganggap sel tersebut sebagai sel asing yang berbahaya. Hal ini akan memicu terjadinya reaksi pertahanan di tubuh Anda dan menyebabkan timbulnya PUPPS. Migrasi sel ini seringkali terjadi di janin laki-laki. Penelitian menemukan bahwa 60% sampai 70% wanita yang mengalami PUPPS mempunyai DNA laki-laki di ruam kulitnya.



  1. Adanya organ yang terbebani


Hati Anda adalah organ yang berfungsi untuk membersihkan tubuh Anda dan menyaring racun racun yang ada di tubuh Anda. Ada teori yang mengungkapkan bahwa saat persalinan, hati Anda dapat terbebani dengan jumlah racun yang terlalu banyak. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan warna kulit dan adanya ruam.


Apa yang dapat meningkatkan resiko terjadinya PUPPS?


Anda akan lebih beresiko untuk terkena PUPPS jika Anda:



  • Hamil untuk pertama kalinya


Ibu yang sedang mengandung anak pertamanya akan lebih beresiko terkena PUPPS karena saat Anda hamil untuk pertama kalinya, kulit yang berada di perut Anda masih sangat ketat karena belum pernah ter-regang dari kehamilan yang sebelumnya. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa PUPPS dapat terjadi di kehamilan berikutnya. Bagaimanapun juga, biasanya PUPPS tidak menyerang di lebih dari satu kehamilan.



  • Hamil anak kembar


Ibu yang mempunyai ukuran fundus yang besar atau para ibu yang hamil anak kembar biasanya lebih beresiko untuk terkena PUPPS.



  • Hamil anak laki-laki


Walaupun belum ada penelitian lanjutan mengenai teori ini, namun statistik menunjukkan bahwa 70% dari para ibu yang terkena PUPPS mengandung bayi laki-laki.



  • Keturunan genetik


Yang menarik adalah bahwa ternyata PUPPS dapat diturunkan dan dilacak dari sisi ayah Anda.


Bagaimana cara mengobatinya?


Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh PUPPS, ada juga cara alami yang mungkin dapat mencegah atau mengurangi PUPPS. Berikut ini adalah beberapa obat alami yang dapat Anda coba:



  1. Jus sayur


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Mengkonsumsi jus sayur merupakan cara yang baik untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Walaupun beberapa ibu yang telah mencoba teknik ini mengungkapkan bahwa teknik ini sangat membantu, namun, belum ada bukti klinis yang membuktikan bahwa cara ini dapat menyembuhkan PUPPS. Bagaimanapun juga, tidak ada ruginya untuk mencoba teknik ini karena teknik ini juga dapat menyembuhkan kekurangan zat besi dalam tubuh Anda.



  1. Memakai pelembab


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Menggunakan pelembab seperti minyak kelapa, minyak chickweed, atau aloe vera dapat sangat membantu untuk meredakan gejala PUPPS. Aloe vera dapat membantu untuk meredakan pembengkaan, mengurangi rasa gatal, dan juga berfungsi sebagai kompres dingin untuk tubuh Anda. Sedangkan minyak kelapa dan minyak chickweed dapat membantu untuk meredakan sensasi gatal dan iritasi yang disebabkan oleh PUPPS. Minyak kelapa juga mempunyai sifat anti-inflammatory dan antimicrobial sehingga minyak ini sangat baik untuk Anda. Namun, ingatlah untuk hanya menggunakan VCO (virgin coconut oil) karena pengawet dan zat tambahan yang mungkin ada di minyak kelapa olahan justru dapat memperparah iritasi di kulit Anda.



  1. Rempah rempah yang dapat membersihkan tubuh


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Ruam dapat terjadi karena adanya gangguan di darah, hati atau kulit. Membersihkan darah dan hati Anda dengan rempah rempah dapat membantu untuk mengurangi ruam tersebut. Rempah-rempah yang biasanya direkomendasikan untuk ibu hamil adalah akar dandelion dan daun jelatang. Akar dandelion dapat meningkatkan fungsi hati dan daun jelatang mempunyai kandungan yang dapat mengobati reaksi alergi dan mengobati pembengkaan. Tumbuhan ini biasanya dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau teh.



  1. Oatmeal


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Mandi dengan oatmeal dapat sangat membantu. Berendam di air oatmeal dapat meredakan rasa gatal, iritasi, dan melembabkan kulit. Teknik ini mungkin tidak akan mengobati PUPPS dengan sepenuhnya, tapi teknik ini dapat memberikan efek yang menenangkan. Anda menyiapkan air hangat, mencampurkan oatmeal dan teh chamomile organic secukupnya, lalu berendam di dalamnya selama sekitar 20 menit. 



  1. Rempah rempah anti bengkak


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Beberapa tumbuhan yang dapat berfungsi untuk meredakan bengkak adalah calendula dan chamomile. Anda dapat menggunakannya dengan mencampurkannya dengan aloe vera gel, lotion, atau witch hazel. Lalu Anda dapat menaruhnya di daerah yang bermasalah. Anda dapat melakukan ini sebanyak tiga kali sehari.



  1. Adaptogen


 


Kehamilan dapat menjadi masa-masa yang terkadang dapat membuat Anda stress, dan hal ini tentu saja dapat mempengaruhi sistem daya tahan tubuh Andadan membuat Anda rantan untuk terkena PUPPS. Adaptogen sangatlah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, adaptogen juga bersifat menenangkan. Beberapa tumbuhan yang bersifat adaptogen adalah gingseng, basil dan akar maca. Untuk ibu hamil, para herbalis sangat merekomendasikan penggunaan akar maca sebagai adaptogen. Anda dapat mengkonsumsinya dengan mencampurkannya dengan smoothies Anda.



  1. Kompres dingin


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Kompres dingin dapat memberi efek menenangkan dan membantu mengurangi rasa gatal. Anda dapat melakukan teknik ini dengan menyelupkan handuk kecil di air dingin, memerasnya, dan menaruhnya diatas area yang gatal. Anda dapat melakukan teknik ini setiap kali Anda mulai merasa tidak nyaman. 



  1. Menggunakan pakaian yang lembut


Cobalah untuk menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut jika Anda terkena PUPPS agar ruam Anda tidak semakin parah. Pakaian berbahan kapas juga dapat membantu untuk menjaga kulit Anda tetap dingin.



  1. Hindari menggaruk area ruam dan menggunakan bahan kimia


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


Saat Anda mendapat ruam dan terasa gatal, tentunya Anda segera ingin menggaruknya. Namun, cobalah sebisa mungkin untuk tidak melakukannya karena menggaruk ruam Anda justru dapat memperparah kondisi Anda. Selain itu, jika Anda terkena PUPPS, cobalah untuk menghindari penggunaan bahan kima seperti sabun mandi yang mempunyai banyak kandungan pewangi dan deodorant yang mengandung bahan kimia. 



  1. Merilekskan sistem saraf Anda


PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing PUPPS


PUPPS dapat sangat mengganggu Anda karena rasanya yang gatal. Rasa gatal ini dapat membuat Anda tetap terbangun dan tidak dapat beristirahat. Di saat saat seperti ini, cobalah untuk menggunakan lavender atau chamomile untuk membantu Anda lebih rileks dan beristirahat dengan lebih baik. 


Apakah PUPPS dapat dicegah?


Sayangnya, belum ad acara untuk mencegah atau memprediksi terjadinya PUPPS karena penyebab pastinya belum diketahui. Yang dapat Anda lakukan adalah menjaganya sebaik mungkin agar gejalanya tidak semakin parah. Rasa gatal dapat beragam dari sedang hingga parah, namun ingatlah bahwa kondisi ini hanyalah sementara. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga PUPPS agar tidak semakin parah:



  1. Memperkuat


Anda dapat mengkonsumsi suplemen kolagen atau mengkonsumsi makanan kaya kolagen yang dapat memperkuat kulit Anda dan jaringan ikat di sekitar perut Anda.



  1. Membersihkan


Membersihkan hati Anda sebelum kehamilan dapat mengurangi racun yang ada id tubuh Anda. Teh dandelion adalah salah satu teh herbal yang dapat membantu Anda untuk membersihkan hati Anda. 



  1. Melindungi


Mengkonsumsi tumbuhan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama trimester ketiga dapat membantu untuk melindungi Anda dari sel janin yang sedang bermigrasi di tubuh Anda. Selai itu, hal ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga daya tahan tubuh Anda tetap seimbang.



  1. Meredakan


Memijat area tubuh yang gatal dengan body butter atau pelembab dapat membantu untuk meredakan rasa gatal dan kencang di kulit Anda. Jika dilakukan dengan teratur, hal ini dapat mengurangi stretch marks dan membantu memperkuat kuit Anda.


 


Sumber:


https://www.findatopdoc.com/Pregnancy/natural-treatments-for-puppp-rash


https://mamasmilknochaser.com/2015/12/13/i-wanted-a-puppy-for-christmas-instead-i-got-puppp/


https://www.mamanatural.com/pupps-rash/


https://mavcure.com/home-remedies-for-pupps-rash/


https://www.momjunction.com/articles/pupps-during-pregnancy-4-causes-4-symptoms-8-treatments_00106841/#gref


http://www.pregnancyxp.com/8-natural-remedies-for-pupps-rashes-in-pregnancy/


 


 


 


 


 


 


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar