Vertigo saat Hamil

Vertigo saat Hamil

 Anda merasa seperti kehilangan keseimbangan dan tidak dapat berdiri Vertigo saat Hamil


Ruangan Anda seperti berputar? Anda merasa seperti kehilangan keseimbangan dan tidak dapat berdiri? Jika Anda mengalaminya, kemungkinan Anda sedang mengalami vertigo saat kehamilan. Terkadang, vertigo juga dapat disertai dengan sensasi mual atau bahkan muntah. Sebagian besar waktu, vertigo yang Anda alami hanya akan bertahan selama beberapa detik, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa vertigo dapat bertahan sampai berjam-jam dan tentunya hal ini dapat menjadi sangat tidak menyenangkan dan mengganggu.


Saat Anda hamil, tubuh Anda mengalami banyak perubahan, dan beberapa perubahan itu dapat membuat Anda merasa pusing. Rasa pusing atau merasa seperti akan pingsan sangatlah umum terjadi dalam kehamilan, terutama pada trimester-trimester pertama. Kabar baiknya, rasa pusing ini seringkali dapat diatasi dan dihindari dengan beberapa perubahan gaya hidup. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai vertigo saat hamil. 


Apa penyebabnya?


Penyebab utama dari rasa pusing dalam kehamilan adalah karena meningkatnya hormon di tubuh Anda yang membuat pembuhuh darah Anda menjadi rileks dan melebar. Progesteron yang meningkat akan meningkatkan aliran darah ke bayi Anda, namun di waktu yang sama mengurangi aliran darah ke otak Anda. Kombinasi tekanan danrah rendah dan aliran darah rendah inilah yang membuat Anda menjadi pusing.


Rasa pusing juga dapat disebabkan oleh gula darah rendah yang mungkin akan terjadi saat tubuh Anda berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada di metabolisme Anda. Ibu hamil yang mempunyai anemia atau varises mungkin akan lebih rentan terkena vertigo daripada ibu hamil yang lain. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan vertigo/


Di trimester kedua, rasa pusing mungkin disebabkan oleh rahim Anda yang terus membesar untuk mengakomodasi bayi Anda mulai menekan pembuluh darah Anda. Selain itu, vertigo mungkin juga dapat muncul jika Anda sering tidur terlentang selama hamil. Hal ini terjadi karena saat Anda terlentang, berat badan bayi Anda akan menekan pembuluh vena cava, yangmana merupakan pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah Anda dari tubuh Anda bagian bawah ke jantung Anda.


Apa yang memicunya?


Walaupun vertigo dapat terjadi sewaktu waktu selama kehamilan, beberapa ibu hamil memiliki sesuatu yang dapat memicu terjadinya vertigo tersebut. Terkadang, menggerakkan kepala Anda dengan cara tertentu secara tiba tiba atau bangun terlalu cepat dapat membuat kepala Anda seperti berputar putar. Pada umumnya, gerakan apapun yang dilakukan secara tiba-tiba, seperti bangun, berbaring, atau berganti sisi, dapat memicu datangnya vertigo. Hal ini terjadi karena ketika Anda bangun terlalu cepat, contohnya, darah Anda tidak dapat kembali dari kaki Anda ke jantung Anda cukup cepat karena tubuh Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri. Ingatlah untuk selalu berdiri (dari posisi duduk maupun berbaring) secara perlahan-lahan.


Bagaimana cara mencegahnya?


Ingatlah untuk tidak melakukan gerakan secara tiba-tiba. Bangunlah secara perlahan-lahan, baik dari posisi duduk maupun berbaring. Anda juga dapat mengganti posisi tidur Anda dengan miring ke kiri maupun kanan. Hindari berdiri dalam waktu yang lama, namun jika pekerjaan atau gaya hidup Anda menuntut Anda untuk berdiri dalam waktu yang lama, cobalah untuk beristirahat di sela sela dan berjalan jalanlah. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulsi darah Anda, memompa darah Anda kembali ke jantung Anda.


Cobalah untuk membagi porsi makanan Anda menjadi 5-6 porsi kecil setiap hari dan ingatlah untuk meminum cukup cairan, sekitar 8-10 gelas tergantung dengan kondisu cuaca dan aktivitas Anda. Konsumsilah makanan kaya zat besi jika Anda menderita anemia.


Hindari pakaian yang membuat Anda merasa panas, pakaian yang terlalu ketat, topi, atau syal. Pakailah pakaian yang nyaman yang membuat Anda merasa dingin, mudah dipakai dan dilepas, dan dapat meningkatkan sirkulasi darah Anda.


Rasa panas dapat membuat pembuhuh darah membengkak dan merendahkan tekanan darah, jadi pastikan untuk tidak berendam air panas di waktu yang lama atau justru pergi ke sauna, karena jika Anda merasa terlalu panas, Anda akan merasa pusing. Selain itu Anda juga dapat keluar untuk mencari udara segar. Menghabiskan waktu di ruangan ramai yang pengap, dan panas seperti di kantor, toko, atau bis dapat memicu terjadinya vertigo. Maka dari itu cobalah untuk keluar sejenak untuk mencari udara segar setiap beberapa jam.


Bagaimana cara mengatasinya?


Jika Anda mengalami vertigo, cobalah untuk berbaring sejenak lalu bangkit secara perlahan. Jika lingkungan Anda sedang tidak memungkinkan untuk berbaring, cobalah untuk duduk dan menundukkan kepala Anda, menaruh kepala Anda di sela sela kaki Anda (sepereti instruksi darurat saat di pesawat) dan bernapaslah secara perlahan.  Jika tidak ada tempat untuk duduk, Anda juga dapat mencoba berlutut satu kaki dan condongkan badan Anda ke depan seperti jika Anda akan mengikat tali sepatu Anda dan tetaplah berada di posisi itu sampai rasa pusing berkurang. Setelah rasa pusing menghilang, minumlah dan makanlah makanan kecil seperti buah buahan. Lepaslah pakaian yang terlalu ketat, buka jendela Anda, dan ambil napas panjang. Anda juga dapat mengangkat kaki Anda untuk meningkatkan aliran darah ke otak Anda.


Kapan harus ke rumah sakit?


Walaupun rasa pusing sangat umum terjadi saat kehamilan dan bisanya bukanlah sesuatu yang serius, namun terkadang rasa pusing yang Anda alami dapat menjadi gejala anemia serius atau hal yang lain. Ingatlah untuk memberitahu provider Anda saat pemeriksaan rutin jika Anda mengalami vertigo di kehamilan Anda. Hubungi provider Anda jika rasa pusing yang Anda alami tidak kunjung hilang atau diiringi dengan sakit kepala, kesusahan bernapas, sakit dada, pingsan, pandangan yang menjadi buram, sakit perut, atau pendarahan.


 


Sumber:


https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/dizziness-during-pregnancy/


https://www.babycentre.co.uk/a228/dizziness-in-pregnancy


https://www.mum.info/everything-you-need-to-know-about-pregnancy-vertigo/


https://www.todaysparent.com/pregnancy/pregnancy-health/how-to-deal-with-dizziness-during-pregnancy/


https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/faintness.aspx


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar