Cara Membuat CV yang Benar

Cara Membuat CV yang Benar

 


Cara Membuat CV yang Benar

Pengetahuan dan pemahaman mengenai cara membuat CV yang benar memang sangat penting. Di tengah era informasi digital seperti sekarang ini, segala sesuatunya dipermudah. Termasuk dalam hal pembuatan CV alias Curriculum Vitae. Sayangnya, meski sekarang semua dipermudah, masih ada saja yang kerap menemui kesalahan saat pembuatan CV. Supaya tak keliru, berikut ini adalah cara membuat CV yang benar.

1. Data dan Informasi Diri Wajib Lengkap

Dalam sebuah CV kita memang diharuskan menaruh semua informasi dan data diri secara lengkap. Karena itu, pastikan informasi yang nampak di CV itu lengkap. Mulai dari nama, tanggal lahir, riwayat pendidikan, hingga pengalaman pekerjaan. Data dan informasi seperti itu tak bisa ditinggalkan begitu saja. CV kita bisa dilupakan bahkan tak dibaca jika informasi yang dimunculkan tak lengkap.

2. Selalu Sertakan Foto

CV yang benar dan baik selalu disertai oleh foto diri di dalamnya. Dalam melamar pekerjaan, kita kadang diminta untuk mengirimkan pas foto. Namun bukan berarti foto kita tak dimunculkan pada bagian CV. Keberadaan foto diri dalam sebuah CV itu bisa dibilang wajib hukumnya. Jangan sampai lupa untuk menempatkan foto pada CV yang dikirimkan ke perusahaan.

3. Penulisan Harus Tepat

Segala macam penulisan harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai salah ketik atau typo. Bagian HRD biasanya cukup teliti dalam membaca sebuah CV. Jadi jangan sampai keliru dalam penulisan. Pastikan bahwa semua kata dan kalimat yang tertulis itu mudah dimengerti dan tak ada typo. Dengan begitu, kesempatan untuk dipanggil berkat CV yang bagus jadi terbuka lebar.

4. Pilih Satu Bahasa Saja

Kadang kita ingin terlihat berbeda dengan menggunakan bahasa Inggris dalam CV yang kita buat. Hal seperti itu tidak ada salahnya. Namun jangan sampai kita mencampurkan bahasa Indonesia dengan Inggris. Mencampurkan 2 bahasa bisa jadi hal yang merugikan. Apalagi ketika menggunakan bahasa asing, terdapat kesalahan penulisan. Hal seperti ini bisa membuat lamaran kita ditolah mentah-mentah.

5. Tambahkan Akun Sosial Media

Aktivitas kita di berbagai sosial media juga amat penting bagi sebuah perusahaan. Banyak CV atau lamaran yang ditolak gara-gara tak menyertakan sosial media yang digunakan. Karenanya, jangan lupa untuk menambahkan berbagai macam akun sosial media yang kita gunakan seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

6. Sertakan Skill

Menuliskan skill atau kemampuan yang kita kuasai dalam sebuah CV juga sangat penting. Biasanya, skill dan keahlian dalam sejumlah bidang ditambahkan di bagian bawah dari CV. Di bagian skill ini kita bisa menuliskan hal apa saja yang kita kuasai. Misal penguasaan terhadap bahasa Inggris, program komputer, atau pengetahuan tentang teknologi. Menyertakan skill dan kemampuan akan jadi nilai tambah dalam CV yang kita kirim.

7. Penjelasan Rinci Mengenai Pengalaman Bekerja

Pengalaman bekerja harus dijelaskan dengan rinci di CV yang kita buat. Penjelasan secara rinci ini juga amat penting. Supaya, HRD atau perusahaan yang membaca CV kita bisa menilai apakah kita layan menempati posisi yang ditawarkan. Supaya lebih valid, sertakan dokumen-dokumen pendukung seperti surat bukti bekerja di suatu perusahaan.

Itu tadi beberapa cara membuat CV yang benar. Pastikan untuk membuat CV yang tak cuma sedap dipandang, tapi juga benar dari sisi penulisan. Dengan begitu, peluang untuk diperkerjakan di sebuah perusahaan jadi makin besar.

Mungkin beberapa tips diatas sangat berguna bagi kalian yang sedang mencari lowongan kerja semoga sukses dan jangan lupa mampir kembali...

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts