Vaksinasi Tidak Selamanya Di Usia Dini

Vaksinasi Tidak Selamanya Di Usia Dini

Vaksinasi Tidak Selamanya Di Usia Dini



Vaksin Dewasa - Untuk saat ini, pelayanan vaksinasi banyak dicari oleh masyarakat setempat yang bertujuan untuk menjaga kestabilan maupun kekebalan tubuhnya. Mengapa demikian? 

Karena penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri maupun virus di sekitar sangatlah berbahaya bagi tubuh. Jika kondisi tubuh lemah, maka akan mudah sekali dimasuki virus jahat yang mengakibatkan tubuh terserang penyakit. 

Namun sayangnya banyak orang yang mengira bahwa tubuh tidak butuh vaksinasi lagi ketika sudah beranjak dewasa. Memang sih wajib usia dini diberikan vaksinasi, tapi vaksin itu juga memiliki jangka pada reaksinya. Jadi, pemberian vaksinasi itu tidak hanya pada usia dini, di usia tua pun tetap membutuhkan vaksinasi tapi ada kadarnya sendiri.

Apa itu vaksinasi?

Di lintas dari pengertiannya, vaksinasi merupakan obat pencegah suatu virus yang dikhususkan dan diuji di laboratorium untuk penanganan virus khusus. Jadi, intinya vaksinasi ini tidak sembarangan memberi vaksin, karena setiap penyakit yang akan di tangkal terdapat vaksin khususnya juga. Bisa dikatakan bahwa vaksinasi ini merupakan proses pencegahan suatu virus atau bakteri buruk yang masuk ke dalam tubuh.

Siapa sasaran vaksinasi?

Nah, ini merupakan sasaran vaksinasi saat ini, jadi tidak hanya anak kecil saja melainkan orang-orang yang berada dalam posisi kekurangan imun/kekebalan tubuh. Diantara klasifikasi orangnya sebagai berikut. 

- Individu yang berniat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit agar terdapat pelindung di dalam tubuhnya karena vaksin.

- Individu yang berisiko mudah terpancar atau tertular penyakit di sekitar, seperti halnya para pekerja kesehatan, panti jompo, laboratorium, maupun keluarga yang terserang penyakit.

- Individu yang memiliki daya imunitas yang rendah seperti pasien kemoterapi, pasien pengobatan alternatif, dsb. 

- Individu yang sudah lanjut usia, karena imun tubuh individu yang lanjut usia sudah mengalami penurunan dan tidak stabil seperti masa mudanya.

- Individu yang berpergian ke daerah-daerah jauh rawan kesehatan.

Dengan ini, sasaran vaksin memang ditujukan bagi orang-orang yang memiliki kategori diatas. Tapi selain itu, meskipun tidak sama dengan kategori diatas tetap saja vaksin rutin per usia wajib dilakukan.

Apa sih tujuannya diberi vaksinasi?

Tujuan vaksinasi adalah untuk menstimulasi tubuh dalam suatu proses pembentukan antibodi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga stabilitas tubuh Anda ketika sedang terserang penyakit mendadak. Jika tubuh sudah di vaksinasi maka tubuh sudah siap menangkalnya sehingga tidak lagi berkembang menjadi penyakit besar.

Vaksinasi yang dibutuhkan banyak pasien saat ini

1. Vaksinasi Influenza

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa influenza ini merupakan virus yang mudah tertular dan cukup berbahaya dalam penghambatan aktivitas tubuh. Karena dengan adanya virus ini membuat tubuh menjadi lemas dan mudah terserang penyakit. Dan salah satu cara mencegahnya adalah dengan cara vaksinasi.


2. Vaksinasi Hepatitis A

Hepatitis A ini juga merupakan suatu penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hati. Dan parahnya lagi, virus ini sudah banyak memakan korban juga di berbagai wilayah dan daerah. Salah satu cara penanganannya juga dengan cara vaksinasi khusus penghilang virus Hepatitis A. 


3. Vaksinasi Tetanus Difteri

Tetanus ini merupakan bukan penyakit ringan, karena tetanus ini banyak memakan korban dari gejala yang kecil menjadi gejala yang besar. Tetanus sendiri merupakan penyakit gangguan saraf akut yang ditandai dengan adanya kekakuan seluruh tubuh akibat racun yang dihasilkan oleh bakteri. Dan cara penanganannya pun harus menerima vaksinasi khusus tetanus. 


Bagi pengunjung setia blog kami yang butuh pelayanan Kesehatan melalui online sobat bisa menggunakan Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu serta orang disekitarmu


 

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts